Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Dok. KLHK
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Dok. KLHK

Rehabilitasi Lingkungan Jadi Agenda Prioritas Nasional

Nasional lingkungan hidup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Nur Azizah • 07 September 2020 19:26
Jakarta: Rehabilitasi lingkungan menjadi satu dari tujuh prioritas nasional. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) bahkan memasukkan program itu dalam rencana kerja pemerintah (RKP) tahun 2021.
 
"Rehabilitasi lingkungan ini masuk dalam prioritas keenam, yakni membangun lingkungan hidup, meningkatkan ketahanan bencana, dan perubahan iklim," kata Menteri LHK Siti Nurbaya dalam diskusi virtual, Jakarta, Senin, 7 September 2020.
 
Bila dirinci, yang masuk dalam prioritas nasional ialah pencegahan pencemaran serta kerusakan sumber daya alam dan lingkungan hidup. Caranya dengan memantau kualitas air dan air laut, meningkatkan ekosistem gambut, serta pencegahan kebakaran hutan dan lahan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Lalu, meningkatkan kesadaran dan kapasitas pencegahan kehilangan keanekaragaman hayati, penanggulangan pencemaran, dan kerusakan sumber daya alam (SDA) serta lingkungan hidup," ujar dia.
 
Baca: KLHK Susun Peta Jalan Pengelolaan Limbah Beracun
 
Pencegahan kerusakan SDA dan lingkungan hidup dapat diatasi dengan penanganan sampah rumah tangga dan sampah plastik. Kemudian, pengurangan dan penghapusan merkuri serta pembangunan fasilitas pengolahan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3), serta limbah medis.
 
"Lalu, dengan peningkatan kualitas lingkungan yang meliputi restorasi dan pemulihan gambut, pemulihan lahan bekas tambang dan lahan terkontaminasi limbah B3," kata Siti.
 
Kerusakan lingkungan pesisir dan laut pun harus dipulihkan. Selanjutnya, meningkatkan spesies tumbuhan dan satwa yang terancam punah.
 
"Juga melakukan penguatan kelembagaan serta penegakan hukum di bidang SDA. Kemudian, penguatan regulasi dan kelembagaan bidang SDA sistem perizinan pengawasan dan pengamanan dan pengelolaan sumber daya alam Indonesia," kata Siti.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif