NEWSTICKER
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo/Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo/Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Daerah Boleh Nyatakan Darurat Covid-19

Nasional Virus Korona virus corona
Zaenal Arifin • 17 Maret 2020 21:59
Jakarta: Daerah bisa menyatakan darurat covid-19. Namun, pemberlakuan status itu tak bisa sembarangan.
 
"Tentunya bagi daerah-daerah yang sudah ada positifnya seperti Jakarta, bisa menetapkan status tanggap darurat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi (Kapusdatinkom) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo di Graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa, 17 Maret 2020.
 
Baca:Status Darurat Korona Diperpanjang Hingga Mei

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain terdapat pasien positif, kepala daerah perlu berkonsultasi dengan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Doni Monardo. Menurut dia, ada tim di Graha BNPB yang akan melayani pertanyaan seputar itu.
 
"Jika daerah-daerah tersebut sudah menetapkan status keadaan darurat, maka status keadaan tertentu yang BNPB keluarkan, bisa tidak berlaku lagi," ujar dia.
 
Koordinasi dianggap Agus perlu dilakukan, terutama untuk kepentingan administrasi. Sebab penanganan korona akan melibatkan anggaran.
 
"Karena kita harus bekerja, kita harus mengeluarkan anggaran, sehingga perlu upaya hukum, sehingga aman semuanya untuk administrasi ini, terutama untuk mengeluarkan dana siap pakai yang ada di BNPB," kata dia.
 
BNPB memperpanjang status darurat virus korona. Perpanjangan itu berlaku hingga Mei 2020.
 
"Perpanjangan berlaku selama 91 hari terhitung sejak 29 Februari 2020 sampai 29 Mei 2020," kata Kepala BNPB Doni Monardo di Jakarta, Selasa, 17 Maret 2020.
 
Kebijakan ini termuat dalam Keputusan Kepala BNPB Nomor 13.A Tahun 2020 tentang Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia.
 
Di Indonesia, 172 orang terkonfirmasi terjangkit virus korona per hari ini. Ada tambahan 38 pasien baru dari sebelumnya hanya 134 pada Senin, 16 Maret 2020.
 
Virus korona menyebabkan lima orang meninggal dunia di Tanah Air. Namun, sembilan orang berhasil sembuh dari covid-19. Sementara itu, 158 orang masih dirawat.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif