Presiden Joko Widodo bertemu dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional - Medcom.id/Damar Iradat.
Presiden Joko Widodo bertemu dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional - Medcom.id/Damar Iradat.

Ketua MPR Sebut Demokrasi Butuh Kesabaran

Nasional Demo Massa Penolak Pemilu
Damar Iradat • 22 Mei 2019 14:59
Jakarta: Ketua MPR Zulkifli Hasan atau Zulhas menemui Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Rabu, 22 Mei 2019. Pertemuan membahas sejumlah hal pasca-rekapitulasi hasil Pemilu 2019.
 
Zulhas mengungkapkan salah satu yang dibahas yakni bentrokan antara pengunjuk rasa dengan aparat keamanan yang pecah di kawasan Tanah Abang pada Selasa, 21 Mei 2019 hingga hari ini, Rabu, 22 Mei 2019. Apalagi, bentrokan dikabarkan menelan korban jiwa.
 
"Pertama, tentu kita mengucapkan innalillahi wainnailaihi rajiun, turut beduka cita sedalam-dalamnya, prihatin atas apa yang terjadi dini hari tadi, enam orang yang meninggal. Ada beberapa yang luka-luka. Kita berduka mendalam," kata Zulhas usai bertemu Jokowi di Istana Bogor, Rabu, 22 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca juga:JK Minta Masyarakat Tenang)
 
Dalam kesempatan itu, Zulhas selaku ketua MPR mengajak masyarakat untuk menjaga konstitusi, persatuan, dan kebersamaan. Apalagi di bulan Ramadan seharusnya masyarakat bisa saling mencintai dan membantu.
 
Menurut dia, jika memang ada persoalan, hal tersebut dapat diselesaikan dengan cara yang damai, berdialog, dan saling menahan diri. Zulhas melanjutkan hal itu tak lepas dari sifat demokrasi yang memang memerlukan kesabaran.
 
"Saya mengajak pemerintah untuk bisa menyelesaikan dengan damai dan teman-teman seluruh Indonesia juga merespons ini dengan dialog dan silaturahmi," kata dia.
 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya menyebut demonstrasi penolakan hasil Pemilu Serentak 2019 menyebabkan enam korban meninggal. Namun, Anies belum bisa membuka data enam korban tersebut.
 
Dua dari enam korban meninggal saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan, Jakarta Pusat. Beberapa di antaranya meninggal di Rumah Sakit Cipta Mangunkusumo, Budi Kemuliaan, dan RS AL Mintohardjo.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif