Diskusi bertajuk 'Gundah Ibu Kota Pindah' di kawasan Menteng, Jakarta Pusat - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Diskusi bertajuk 'Gundah Ibu Kota Pindah' di kawasan Menteng, Jakarta Pusat - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Jokowi Disebut 'Sang Eksekutor' Pemindahan Ibu Kota

Nasional pemindahan ibukota
Fachri Audhia Hafiez • 25 Agustus 2019 06:45
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai sosok yang berani mengeksekusi pemindahan ibu kota. Sebab, pemindahan ibu kota telah diwacanakan sejak era Presiden pertama RI Soekarno.
 
"Bung Karno sudah bikin kajian juga di Bappenas kalau kita buka buku mengenai hasil kajian banyaknya bukan main. Tapi tidak ada yang berani mengeksekusi itu tidak ada keberanian untuk eksekutif, banyak pertimbangan mengeksekusi," kata politikus Partai Perindo Arya Sinulingga dalam diskusi bertajuk 'Gundah Ibu Kota Pindah' di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 24 Agustus 2019.
 
Bahkan, kata Arya, tak ada satupun yang merealisasikan hasil kajian pemindahan ibu kota tersebut. Pemindahan ibu kota tak dieksekusi karena kerap terbentur persoalan politik dan emosional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya yakin gampang banget sudah siap semua itu yakin saya, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) secara teknis sudah siap," ujar Arya.
 
(Baca: Ibu Kota Baru Diusulkan Tak Punya Kepala Daerah)
 
Menurut Arya, pemindahan ibu kota justru lebih baik dilakukan secepatnya. Perpindahan ibu kota diyakini bakal mewujudkan pemerataan dari sisi ekonomi.
 
"Pak Jokowi sudah minta izin kok tanggal 16 Agustus 2019 di MPR saat pidato kenegaraan, tinggal digas. Kalau saya orang Medan mengatakan, harus gas habis supaya kami orang-orang di luar Jawa jangan semua ke Jawa," pungkas Arya.
 
Presiden Jokowi meminta restu para wakil rakyat untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta. Hal ini disampaikan Jokowi dalam Pidato Kenegaraan Sidang Tahunan MPR.
 
Wacana pemindahan ibu kota demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi. Visi Indonesia maju juga bisa diraih dengan proses ini.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif