Suharsono Harso Saputro, ayahanda almarhum Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Suharsono Harso Saputro, ayahanda almarhum Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Mimpi Sutopo Berangkatkan Haji Orang Tua Belum Terwujud

Nasional obituari
Fachri Audhia Hafiez • 07 Juli 2019 16:59
Jakarta: Suharsono Harso Saputro, ayahanda Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, bercerita impian mulia anaknya. Sutopo sejatinya ingin memberangkatkan haji kedua orang tuanya.
 
"Memang dia dulu bilang ke Bapak, 'Kalau nanti sewaktu-waktu sudah siap, akan saya naikkan haji ke Mekkah'.' Ya doakan saya siap kapan-kapan,' kata saya," kata Suharsono di rumah duka, Kompleks Raffles Hills, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jawa Barat, Minggu, 7 Juli 2019.
 
Suharsono mengatakan niat baik Sutopo itu disampaikan jauh sebelum almarhum menderita sakit kanker paru-paru. Hingga mengembuskan napas terakhir, niat Sutopo memberangkatkan haji orang tuanya belum sempat terwujud.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jauh sebelum almarhum sakit disampaikannya," ujar Suharsono.
 
Sehari sebelum almarhum wafat, Suharsono mengaku sempat mendengar kabar almarhum dirawat di Guangzhou, Tiongkok. Kala itu, ia optimistis anak pertama dari dua bersaudara itu akan sembuh.
 
"Kondisi drop hari Sabtu, 6 Juli 2019, kemarin saya diberi fotonya dia ada alat pembantu oksigen itu. Sudah gitu kelihatan loyo, saya sampai menangis pada waktu dikirimi foto oleh anak saya," ujar Suharsono.
 
Baca: Sutopo Drop Sejak Sabtu
 
Ia mengaku tak ada pesan khusus yang disampaikan Sutopo untuk kedua orang tuanya. Namun, Suharsono kini telah ikhlas dengan kepergian almarhum. "Dia hanya minta doakan saja. Karena keyakinan saya juga dia sembuh," ucap Suharsono.
 
Jenazah Sutopo akan dibawa dari Rumah Sakit Modern Cancer Hospital Guangzhou, Tiongkok, sekitar pukul 15.10 waktu Guangzhou. Almarhum direncanakan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pukul 20.00 WIB, hari ini.
 
Usai tiba di Indonesia, almarhum akan disemayamkan di rumah duka. Senin, 8 Juli 2019, almarhum akan diterbangkan ke Jawa Tengah untuk dimakamkan di Boyolali.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif