Wapres: Bangsa Bisa Maju karena Teknologi

Dheri Agriesta 24 Juni 2018 09:00 WIB
teknologi
Wapres: Bangsa Bisa Maju karena Teknologi
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: Medcom.id/Dheri Agriesta
Gowa: Wakil Presiden Jusuf Kalla meresmikan bangunan di Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, Gowa. Kalla berharap pembangunan bangunan baru ini bisa memberikan nilai tambah dan memajukan bangsa.

"Saya katakan suatu bangsa hanya bisa maju kalau ada nilai tambah, nilai tambah ada karena teknologi, teknologi ada karena pendidikan," kata Kalla saat peresmian di Universitas Hasanuddin, Gowa, Sabtu, 23 Juni 2018.

Hal ini menjadi alasan pemerintah membangun gedung baru yang dimanfaatkan sebagai kelas dan laboratorium oleh Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Kalla berharap bangunan ini bisa dimanfaatkan civitas akademika di Universitas Hasanuddin.


Pemerintah ingin pembangunan infrastruktur di Indonesia bagian timur juga dibarengi dengan pengembangan sumber daya manusia. Ia menekankan, Universitas Hasanuddin harus bisa mengelola dengan baik fasilitas yang telah ada untuk mencapai tujuan itu.

Kalla mengingatkan, perkembangan teknologi berjalan singkat. Seperti teknologi informasi, Kalla menyebut, perkembangan teknologi ini terjadi dalam 18 bulan. Perkembangannya pun sangat pesat.

Ia mencontohkan telepon genggam yang digunakan masyarakat dewasa ini. Prosesor yang tertanam di dalam telepon genggam itu bahkan jauh lebih canggih ketimbang komputer yang tertanam di Apollo 11 yang mendarat di bulan.

Oleh karena itu, Kalla pun meminta para dosen tak hanya fokus mengajar di kelas. Dosen juga harus bekerja di luar kelas agar bisa mengikuti perkembangan teknologi terbaru.

"Karena itulah maka kita harus mengembangkan kampus ini, bukan hanya dari sisi pengajaran tapi juga dari segi riset. Aplikatif riset itu dibutuhkan keberanian, dan dibutuhkan keberanian mahasiswa yang terjun ke lab," pungkas Kalla.



(DMR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id