Aturan Turunan Perpres 20 Masih Dibahas Lintas Kementerian

Gervin Nathaniel Purba 02 Mei 2018 11:12 WIB
berita kemenaker
Aturan Turunan Perpres 20 Masih Dibahas Lintas Kementerian
Menaker M Hanif Dhakiri (Antara/Sigid Kurniawan)
Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) masih mempersiapkan aturan turunan perihal Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA). 

Menurut Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri, pembahasan aturan turunan tersebut masih dikoordinasikan dengan kementerian/lembaga terkait. Perlu ada kesepakatan bersama terkait jabatan yang akan diisi oleh TKA. 

"Masih dikoordinasikan dengan kementerian/lembaga terkait dengan masalah jabatan yang boleh dan tidak boleh di masing-masing sektor maupun juga terkait syarat tertentu yang diamanatkan oleh Perpres," ujar Hanif di Jakarta, Rabu, 2 Mei 2018.


"Ini kita sedang persiapkan urunannya, lintas kementerian," kata Hanif menambahkan.

Nantinya TKA yang menduduki suatu jabatan akan didampingi oleh tenaga kerja Indonesia (TKI). Transfer ilmu yang didapatkan dari TKA sangat diperlukan dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

"Interaksi dengan pekerja dari luar itu akan mendatangkan kualitas pada SDM kita," ucapnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kemenaker, Hery Sudharmanto mengatakan rencana aturan turunan tersebut akan dituangkan melalui Peraturan Menaker (Permenaker) atau Keputusan Menaker (Kepmen). Pemerintah diberi waktu tiga bulan untuk menerima masukan dari para stakeholder agar bisa ditetapkan menjadi Permenaker atau Kepmen.



(ROS)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360