Pemudik menaiki bus tujuan Jawa Tengah-Jawa Timur yang akan mengangkut mereka di Terminal Ciledug, Kota Tangerang, Banten, Minggu, 2 Mei 2021. Foto: MI/Ramdani
Pemudik menaiki bus tujuan Jawa Tengah-Jawa Timur yang akan mengangkut mereka di Terminal Ciledug, Kota Tangerang, Banten, Minggu, 2 Mei 2021. Foto: MI/Ramdani

Populer Nasional: Larangan Mudik Lokal Hingga Serba-Serbi Varian Baru Covid-19

Nasional Mudik Lebaran Virus Korona pandemi covid-19 Berita Terpopuler Hari Ini Berita Terpopuler Nasional
Yogi Bayu Aji • 05 Mei 2021 05:22
Jakarta: Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan pemerintah melarang mudik Lebaran 2021. Kebijakan ini juga berlaku bagi mudik lokal.
 
"Pemerintah sepakat untuk meniadakan mudik apa pun bentuknya," kata Wiku di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta Timur, Selasa, 4 Mei 2021.
 
Wiku meminta seluruh jajaran pemerintah daerah tak membuat narasi berbeda dari kebijakan pemerintah pusat. Larangan mudik ini keputusan politik negara dan keputusan tunggal Presiden Joko Widodo.
 
"Keputusan ini satu narasi dari pemerintah. Pada prinsipnya, kami berupaya terus menjaga kondisi yang sudah terkendali ini," kata Wiku.
 
Artikel terkait larangan mudik lokal menjadi berita terpopuler di Kanal Nasional Medcom.id. Pembaca juga menyoroti informasi terkait varian baru covid-19 dari Afrika Selatan (B.1.351) dan India (B.1.617) .

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan dua mutasi virus korona dari India telah ditemukan di Indonesia. Kasus mutasi virus itu ada di DKI Jakarta.
 
Baca: Serba-serbi Varian Baru Covid-19 dari Afrika Selatan dan India, Lebih Menular
 
"Tadi juga sudah dilaporkan ke Bapak Presiden (Joko Widodo), ada mutasi baru yang masuk, yaitu mutasi dari India," kata Budi di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin, 3 Mei 2021.
 
Selain itu, satu kasus varian covid-19 dari Afrika Selatan ditemukan di Bali. Kedua varian covid-19 ini memiliki tingkat penularan lebih tinggi.
 
Varian dari Afrika Selatan terbukti meningkatkan penularan virus kurang lebih 50 persen. Varian dari India juga diduga meningkatkan penularan dan menyebabkan kenaikan kasus di India.
 
"Mumpung masih sedikit tugas kita segera melakukan isolasi untuk yang terkena, disiplin melakukan testing, tracing, dan yang paling penting sekali lagi memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak," jelas Budi.
 
Berita terkait larangan mudik dan varian baru covid-19 terus diperbarui. Klik di sini untuk mendapatkan informasi terbaru dari Kanal Nasional Medcom.id.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif