Ilustrasi (Medcom.id/Mohammad Rizal)
Ilustrasi (Medcom.id/Mohammad Rizal)

Simak, Jadwal Vaksinasi Covid-19 per Tahapnya di Indonesia

Nasional Virus Korona covid-19 vaksin covid-19
Rendy Renuki H • 08 Januari 2021 15:04
Jakarta: Pemerintah akan mulai melakukan vaksinasi Covid-19 pada Januari 2021 ini. Jadwal vaksinasi pun akan dibagi menjadi beberapa tahap dan diprioritaskan untuk masyarakat di atas 18 tahun.
 
Pertama, vaksinasi Covid-19 akan diperuntukkan bagi tenaga kesehatan. Tenaga kesehatan menjadi yang pertama karena merupakan garda terdepan penanganan covid-19.
 
Tahap kedua vaksinasi akan menyasar petugas pelayanan publik hingga masyarakat usia lanjut. Sedangkan kategori lain seperti pelaku perekonomian dan kategori lainnya akan masuk tahap ketiga dan keempat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tahap pertama vaksinasi Covid-19 di Indonesia akan dimulai pada Januari hingga April 2021. Sedangkan tahap ketiga dan keempat rentang waktunya lebih panjang, yakni April 2021 sampai Maret 2022.
 
Namun, sebelum dimulai jadwal empat tahapan tersebut, vaksinasi terlebih dahulu akan dilakukan kepada Presiden Joko Widodo dan para menteri pada 13 Januari.

Berikut jadwal vaksinasi Covid-19 di Indonesia per tahapannya:

1. Januari-April 2021


Tahap 1:
Penerima vaksin covid-19 tahap ini adalah tenaga kesehatan. Termasuk tenaga penunjang dan mahasiswa kedokteran yang sedang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan.
 
Tahap 2:
Petugas pelayanan publik mulai TNI/Polri, aparat hukum, dan petugas lain yang terlibat dalam sektor tersebut. Kelompok masyarakat usia lanjut (60 tahun ke atas) juga menjadi target vaksinasi tahap 2.

2. April 2021-Maret 2022


Tahap 3:
Pada tahap ini penerima vaksinasi covid-19 adalah masyarakat yang rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi.
 
Tahap 4:
Target vaksinasi pada tahap ini adalah masyarakat dan pelaku ekonomi lainnya dengan pendekatan klaster dan sesuai ketersediaan vaksin.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif