ilustrasi Haji/AFP
ilustrasi Haji/AFP

Ada Kemungkinan Dibuka, Ini 4 Skema Haji 2021 yang Disiapkan Pemerintah

Nasional kementerian agama haji ibadah haji pandemi covid-19
Sri Yanti Nainggolan • 12 April 2021 11:46
Jakarta: Kementerian Agama (Kemenag) tengah menyiapkan skema penyelenggaraan Haji 2021. Ada kemungkinan kuota jemaah dibatasi karena masih dalam masa pandemi covid-19
 
"Kami masih optimistis kemungkinan diselenggarakannya haji tahun ini masih terbuka," ujar Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi dalam keterangan tertulis dikutip dari laman resmi Kemenag, Senin, 12 April 2021.
 
Kemenag sudah menyiapkan empat strategi jika ibadah haji sudah mendapat lampu hijau. Walaupun, pemerintah Arab Saudi memberikan pembatasan kuota jemaah. Berikut empat skema yang disiapkan pemerintah:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Kuota haji akan dibagi secara proporsional sesuai kuota provinsi dan/atau kabupaten/kota pada 1441 Hijriah atau 2020.
 
2. Pembiayaan jemaah haji yang lunas pada 1441 Hijriah akan diurutkan berdasarkan nomor porsi per provinsi dan/atau kabupaten/kota. 
 
3. Daftar jemaah berhak lunas disusun berdasarkan nomor urut porsi per provinsi dan/atau kabupaten/kota. Besaran alokasi kuota haji yakni pada 1442 Hijriah atau 2021.
 
4. Jemaah haji lunas pada 1441 Hijriah dan masuk alokasi kuota haji pada 1442 Hijriah, bisa mengajukan pengembalian setoran lunas dan tetap diberikan kesempatan melunasi kembali. 
 
Sementara itu, bagi jemaah haji lunas pada 1441 Hijriah tapi tidak masuk alokasi kuota haji pada 1442 Hijriah, menjadi cadangan sesuai urutan nomor porsi. Apabila ada persyaratan rentang usia pemerintah Arab Saudi, Kemenag akan memilah jemaah haji lunas pada 1441 Hijriah. 
 
Pemerintah Arab Saudi dipastikan bisa membuka pintu bagi jemaah Haji 2021. Namun, aturan pelaksanaan ibadah haji di tengah pandemi covid-19 masih digodok.
 
"Kemungkinan terbesar (Haji 2021 tetap dibuka)," kata Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia, Esam Abid Althagafi, di The Millenium Hotel Sirih, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis, 25 Maret 2021.
 
Menurut dia, pemerintah Arab Saudi sedang menyusun rencana dan strategi ibadah haji. Nantinya, seluruh negara, termasuk Indonesia yang akan mengirimkan jemaah, tinggal menunggu pengumuman resmi.
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif