BMKG Peringatkan Cuaca Buruk di Nusantara

Marcheilla Ariesta 10 Juli 2018 06:30 WIB
cuaca buruk
BMKG Peringatkan Cuaca Buruk di Nusantara
Ilustrasi - Medcom.id.
Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk di beberapa wilayah Indonesia per 9 Juli hingga 11 Juli 2018.

Dari keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Senin, 9 Juli 2018, beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat adalah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara dan Papua.

Sementara itu, untuk wilayah berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat dan petir adalah Aceh, Sumatera Selatan dan Maluku Utara.


"Konvergensi memanjang dari Samudera Hindia Barat Aceh hingga Laut China Selatan. Belokan angin terdapat di Sumatera bagian utara dan tengah, Kalimantan bagian timur, Sulawesi bagian tengah, Maluku dan Papua," demikian dikutip pernyataan tersebut.

Sebelumnya, BMKG juga sudah memperingatkan akan ada cuaca buruk melanda beberapa wilayah di Indonesia. Salah satu yang terparah di Sumatra Utara.

"Namun kondisi cuaca saat ini sangat dinamis dan berpotensi berubah sewaktu-waktu," ungkap Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.



(DMR)