Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. Foto: MI/Fransisco Carolio Hutama Gani
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. Foto: MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

Menkominfo Targetkan Digitalisasi Penyiaran Rampung 2022

Nasional lembaga penyiaran
Sri Yanti Nainggolan • 05 Desember 2019 06:00
Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menargetkan digitalisasi penyiaran dilaksanakan pada 2022. Ia berharap semua pemangku kepentingan bersiap, baik secara pelaku maupun infrastruktur.
 
"Paling lambat 2022 udah total (seluruh Indonesia). Kalau bisa 2021 udah migrasi (digital)," ujar dia usai acara Anugerah KPI 2019 di Jakarta, Rabu, 4 Desember 2019.
 
Menurut dia, migrasi penyiaran TV dari analog ke digital adalah keniscayaan. Apalagi, ia mendengar bahwa Revisi UU Penyiaran sudah disinggung DPR. Oleh karena itu, Kominfo akan menyiapkan tim khusus untuk menyelesaikannya pada 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, terkait digitalisasi, fokus pemerintah adalah mengubah sistem analog switch-off (ASO) ke digital switchover (DSO). Johnny berharap semua yang terlibat dalam ekosistem penyiaran seperti stakeholder, industrim dan parlemen; bekerjasama agar sukses.
 
Politikus NasDem tersebut juga menyinggung tentang pentingnya kesiapan sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur dalam digitalisasi penyiaran. "Nah, saya berharap industri penyiaran, khususnya TV segera bersiap diri untuk migrasi ke digital."
 
Sebelumnya, Johnny menjelaskan, proses migrasi mungkin akan dilakukan secara simultan di sejumlah wilayah jika undang-undang dapat dilakukan. TV digital diprediksi mampu menyuguhkan kualitas siaran lebih baik, dan mampu menjangkau wilayah Indonesia secara lebih luas, hingga ke wilayah kabupaten, kota dan desa.
 
Upaya pemerintah mengalihkan televisi analog menjadi digital didorong oleh efisiensi yang mampu disuguhkannya. Teknologi televisi analog yang saat ini digunakan stasiun televisi nasional dinilai menghabiskan sumber daya besar pada spektrum 700MHz.
 
Peralihan dari televisi analog ke televisi digital dinilai mendukung peningkatan pendapatan negara secara signifikan melalui dividen digital yang ditinggalkan penyiaran televisi analog, setelah beralih ke televisi digital.
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif