Ilustrasi - Medcom.id
Ilustrasi - Medcom.id

Ambon Diguncang Gempa Magnitudo 3.0

Nasional gempa gempa bumi
Candra Yuri Nuralam • 29 September 2019 00:40
Jakarta: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan pada pukul 23.43 WIB, gempa dengan magnitudo 3.0 mengguncang Ambon, Maluku.
 
BMKG mencatat pusat gempa berada di 3,6 lintang selatan dan 128,36 bujur timur. Tepatnya berada pada 26 kilometer ke arah Timur Laut, Ambon.
 
Pusat gempa berada pada kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat ada 465 kali gempa susulan menggoyang Pulau Ambon, Maluku, sejak gempa utama magnitudo 6,5 pada Kamis, 26 September 2019, pukul 06.46 WIT. Sebanyak 64 kali gempa susulan dirasakan di sejumlah daerah.
 
"Di Kairatu V Modified Mercalli Intensity (MMI), Masohi III MMI, dan Banda II MMI," ujar Plh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo, melalui keterangan pers, Sabtu, 28 September 2019.
 
Masyarakat diminta tidak terpancing isu atau berita bohong yang beredar. Warga diimbau untuk memastikan informasi resmi bersumber dari BMKG.
 
Dia menerangkan hingga kini belum ada teknologi yang bisa memprediksi gempa bumi dengan tepat dan akurat. Dia melanjutkan Badan Informasi Geospasial (BIG) berencana membangun tujuh stasiun pasang surut di wilayah Maluku.
 
(BOW)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif