Suasana proyek pembangunan Bendungan Ciawi-Sukamahi di Bogor, Jawa Barat, Senin (1/4/2019). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Suasana proyek pembangunan Bendungan Ciawi-Sukamahi di Bogor, Jawa Barat, Senin (1/4/2019). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Jokowi Minta Penyelesaian Bendungan Ciawi Dipercepat

Nasional banjir jakarta bendungan
Nur Azizah • 14 Agustus 2019 14:14
Jakarta: Presiden Joko Widodo meminta pembangunan Bendungan Ciawi dan Sukamahi selesai sebelum 2021. Bendungan kering tersebut dibangun pemerintah pusat untuk mengendalikan banjir di Jakarta.
 
"Sedia payung sebelum hujan, bangun waduk sebelum banjir mengancam. Inilah pekerjaan Bendungan Ciawi, satu dari dua bendungan kering selain Bendungan Sukamahi di Kabupaten Bogor, yang dibangun sebagai ikhtiar mengurangi kerentanan kawasan metropolitan Jakarta dari bencana banjir," kata Jokowi di akun Instagram-nya @jokowi, Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2019.
 
Jokowi menjelaskan, dua bendungan itu dirancang untuk mengurangi debit air yang masuk ke Jakarta. Kedua bendungan akan menahan aliran air dari Gunung Gede dan Gunung Pangrango sebelum sampai ke Bendungan Katulampa, Bogor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah dari Katulampa, air akan mengalir ke Sungai Ciliwung. Luas Bendungan Ciawi adalah 31,96 hektare dan Bendungan Sukamahi 5,23 hektare.
 
"Jika tak ada aral melintang, keduanya akan rampung tahun 2021. Akan tetapi, saya ingin lebih cepat, semoga dapat selesai akhir tahun depan," ujar dia.
 
Jokowi mengatakan mengendalikan banjir tidak bisa hanya dengan pembangunan fisik di hulu. Pengendalian banjir harus menyeluruh seperti normalisasi Ciliwung, kampanye penyadaran masyarakat, pembangunan tata ruang, dan pembuatan berbagai sumur resapan di lingkungan rumah masing-masing.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif