Sejumlah elemen masyarakat bersih-bersih pasca banajir. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman
Sejumlah elemen masyarakat bersih-bersih pasca banajir. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman

Gotong Royong Cegah Banjir di Kelapa Gading

Nasional banjir jakarta bencana banjir
Yurike Budiman • 05 Januari 2020 18:25
Jakarta: Warga dan pemerintah kota Jakarta Utara tak mau banjir di wilayah Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara terulang. Seluruh lapisan masyarakat gotong royong kerja bakti membersihkan saluran air.
 
"Tadi hujan turun kita memastikan mulut-mulut air yang mengarah ke sungai maupun saluran, bisa dituntaskan. Sehingga pada saat nanti hujan turun (lagi) bisa direduksi kemungkinan terjadinya genangan di wilayah Pegangsaan Dua khususnya di RW 03," kata Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko, di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu, 5 Januari 2020.
 
Sigit menyebut kegiatan tidak semata-mata membersihkan sungai bersama. Terpenting membangun empati dan semangat warga setelah bencana banjir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita punya tanggung jawab yang sama dan kita juga menunjukkan keprihatinan yang sama sebagai warga Jakarta, elemen negara yang ada di DKI Jakarta," kata Sigit.
 
Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan kepolisian memiliki kewajiban menyelamatkan warga serta mengamankan sejumlah wilayah terdampak banjir. Pengamanan juga dikhususkan pada rumah-rumah warga yang ditinggal saat mengungsi.
 
Banjir di wilayah Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara pada 1 Januari 2020 mencapai ketinggian sekitar 90-100 sentimeter. Kegiatan bersih-bersih ini merupakan kolaborasi antara masyarakat, ASN, Forkominko, Polres Metro Jakarta Utara, Dandim 0502 Jakut beserta sejumlah elemen seperti PMI, pramuka, anggota DPRD DKI Jakarta maupun sejumlah ormas.

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif