Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Putranto. Foto: Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen
Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Putranto. Foto: Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen

Kondisi WNI di Tiongkok Terpantau Aman

Nasional Virus Korona virus corona
Anggi Tondi Martaon • 15 Februari 2020 13:18
Jakarta: Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) masih berada di Tiongkok, pusat penyebaran virus korona. Namun Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan kondisi mereka terpantau aman.
 
"Sampai detik ini mereka baik-baik saja," kata Terawan di Bandara Halim Perdanakusuma, Sabtu, 15 Februari 2020.
 
Informasi tersebut diperoleh dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). Pemantauan WNI di Tiongkok sepenuhnya dilakukan oleh Kemenlu melalui Kedutaan Besar RI (KBRI).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mereka (WNI) melakukan kontak dengan perwakilan di sana dan pemerintah Tiongkok sangat bertanggung jawab," ujar dia.
 
Kondisi WNI di Tiongkok Terpantau Aman
Para WNI yang dikarantina di Natuna. Foto: Antara/Muhammad Adimaja
 
Pihak Kedutaan Besar RI di Beijing menyebutkan, sebanyak tujuh WNI masih berada di Provinsi Hubei, tempat awal mewabahnya virus corona. Selain itu, terdapat sekitar 1.800 WNI yang bermukim di luar Provinsi Hubei.
 
Kasus penyebaran coronavirus Covid-19 masih berlanjut di Tiongkok, sementara sejumlah WNI tercatat masih di Negeri Tirai Bambu itu. Terawan sebelumnya menyatakan evakuasi WNI dari sana tak bisa dilanjutkan.
 
"Satu, PHEICnya (Public Health Emergency of International Concern) masih ada, jadi belum bisa," ujar Menteri Terawan di Lapangan Kementerian Kesehatan RI, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 14 Februari 2020.
 
Selain itu, kata Terawan, daratan Tiongkok juga masih belum memungkinkan untuk memberangkatkan pesawat. Berikut sarana terkait untuk proses evakuasi. Mengingat daerah tersebut merupakan daerah utama penyebaran virus.
 
"Yang paling penting adalah doa kita supaya warga kita yang ada di daratan Tiongkok, baik yang di provinsi epicentrum di Wuhan, Hubei, itu tetap sehat. Itu yang paling penting buat kita," paparnya.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif