Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Medcom.id
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Medcom.id

Luhut Minta Daerah Siapkan Pusat Karantina OTG

Nasional Virus Korona pandemi covid-19
Antara • 17 September 2020 05:17
Jakarta: Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta pemerintah daerah (pemda) menjelaskan secara detail rencana pembangunan pusat karantina untuk isolasi pasien covid-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG) dan gejala ringan. Hal ini dibutuhkan untuk menekan potensi penularan virus korona.
 
"Ini penting untuk menghindari isolasi mandiri di rumah yang dapat menularkan penyakit kepada keluarga yang lain," kata Luhut saat memimpin rapat koordinasi virtual, Rabu, 16 September 2020.
 
Sesuai perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengendalikan penularan covid-19, Luhut Pandjaitan memimpin rapat koordinasi dengan empat gubernur dari Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Bali, dan Sumatra Utara. Jajaran polda dan kodam terkait juga mengikuti rapat itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wakil Ketua Komite Kebijakan Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional itu memantau upaya-upaya pencapaian target dan rencana operasi untuk menangani covid-19 di empat provinsi ini. Wilayah ini termasuk penyumbang terbanyak kasus positif virus korona.
 
"Saya ingin penerapan disiplin protokol kesehatan untuk perubahan perilaku dipertegas pelaksanaannya, lalu harus ada penurunan penambahan kasus harian, peningkatan angka kesembuhan, penurunan angka kematian, dan penurunan angka kematian per total populasi," kata Luhut.
 
Luhut meminta rencana operasi lapangan dari polda dan kodam untuk pengerahan anggota dalam penegakan disiplin protokol kesehatan di titik-titik keramaian. Ia juga ingin mengetahui jumlah kasus di masing-masing kabupaten dan kota.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif