NEWSTICKER
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan dalam gerbong kereta api jarak jauh yang sedang dalam proses pembersihan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu, 15 Maret 2020. Foto: MI/Pius Erlangga
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan dalam gerbong kereta api jarak jauh yang sedang dalam proses pembersihan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu, 15 Maret 2020. Foto: MI/Pius Erlangga

Pembatalan Tiket Kereta Bisa Lewat Aplikasi KAI Access

Nasional Virus Korona pt kai
Candra Yuri Nuralam • 25 Maret 2020 22:46
Jakarta: Pembatalan tiket perjalanan kereta api jarak jauh bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access. Hal ini diberlakukan untuk mengurangi kerumunan calon penumpang di loket stasiun.
 
"Terpenting nomor identitas yang didaftarkan pada akun aplikasi KAI Access harus sesuai dengan nomor identitas pemesan tiket. Bahkan, pembatalan melalui KAI Access juga bisa untuk membatalkan tiket lainnya yang masih memiliki satu kode booking," kata Kepala Humas PT KAI Daerah Operasional 1 Jakarta Eva Chairunisa di Jakarta, Rabu 25 Maret 2020.
 
Eva mengatakan masyarakat yang ingin membatalkan perjalanan harus menggunakan aplikasi KAI Access dengan versi terkini. Tidak akan ada pemotongan biaya meski dibatalkan menggunakan sistem daring.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Aplikasi KAI Access dengan versi paling update, maka dapat membatalkan tiket dengan pengembalian bea 100 persen. Bagi pengguna yang telah memiliki Aplikasi KAI Access dapat melakukan proses update pada aplikasi tersebut," ujar Eva.
 
Baca:19 Perjalanan Kereta Jarak Jauh Dibatalkan Akibat Korona
 
Meski demikian pembatalan tiket melalui loket di stasiun pun tetap dilayani. Masyarakat bisa langsung datang ke loket yang sudah disediakan.
 
"Terdapat delapan stasiun di wilayah daerah operasional 1 Jakarta yang melayani pembatalan tiket KA Jarak Jauh. Masing-masing stasiun memiliki tiga loket untuk melayani pembatalan tiket. Bahkan, guna menghindari antrean, khusus di Stasiun Gambir dan Pasar Senen, ditambah menjadi lima loket layanan pembatalan tiket," tutur Eva.
 
Terdapat 19 kerangkatan Kereta Api yang mengalami pembatalan perjalanan dengan jadwal keberangkatan kurun waktu 23 Maret sampai 1 April 2020. Pembatalan tiket dengan pengembalian bea 100 persen juga berlaku bagi calon penumpang kereta yang memiliki jadwal keberangkatan pada masa tanggap darurat korona, yaitu 23 Maret sampai 29 Mei 2020.
 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif