NEWSTICKER
Ilustrasi tes virus korona (covid-19). Medcom.id
Ilustrasi tes virus korona (covid-19). Medcom.id

Kategori Orang Diprioritaskan Ikut Rapid Test

Nasional Virus Korona virus corona
Candra Yuri Nuralam • 25 Maret 2020 14:35
Jakarta: Penerapan rapid test atau tes cepat virus korona (Covid-19) di kalangan masyarakat memiliki skala prioritas. Pemilahan orang masuk kategori prioritas ini berlaku untuk setiap daerah di Indonesia.
 
"Misal DKI Jakarta, pertama ialah orang-orang yang masuk ke dalam log list, atau orang-orang yang selama ini melakukan kontak dekat dengan pasien yang sudah positif," kata Direktur Manajemen Penanganan Bencana dan Kebakaran Safrizal di Gedung Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu, 25 Maret 2020.
 
Masyarakat yang memiliki gejala infeksi virus juga menjadi prioritas. Pemeriksaan gejala akan dilakukan pihak rumah sakit maupun puskesmas setempat jika pasien yang datang terindikasi terpapar virus korona.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Gejala ringan sampai sedang nanti akan ditangani juga di rumah sakit rumah sakit rujukan tertentu. Jadi perlu juga diketahui, rapid tes dikategorikan dalam berbagai macam," ujar Safrizal.
 
Baca: Jokowi Mau APD dan Alat Rapid Test Rata Tersebar
 
Alat rapid test ini sudah disebar ke puskesmas setempat. Dia mengatakan masyarakat tidak bisa meminta melakukan tes jika tidak memenuhi kriteria.
 
"Nanti masyarakat yang ditangani ialah masyarakat yang masuk ke dalam list dulu dan yang memiliki gejala ringan sampai sedang," tutur Safrizal.
 
Persyaratan ini berlaku di seluruh daerah di Indonesia. Safrizal menjamin tak ada daerah yang dapat perlakukan istimewa untuk pelaksanaan rapid test.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif