Deputi Bidang Operasi Basarnas Mayjen TNI Nugroho Budi Widianto, di JICT II. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
Deputi Bidang Operasi Basarnas Mayjen TNI Nugroho Budi Widianto, di JICT II. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo

104 Kantong Jenazah Ditemukan Hingga Hari ke-6

Nasional Lion Air Jatuh
Kautsar Widya Prabowo • 03 November 2018 21:48
Jakarta: Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) kembali mengevakuasi 31 kantong jenazah penumpang Lion Air PK-LQP pada hari Sabtu, 3 November 2018. Sehingga, total sampai hari keenam proses evakuasi, Basarnas telah mengevakuasi 104 kantong jenazah dari musibah jatuhnya pesawat itu sejak Senin, 29 Oktober 2018.
 
"Sudah ada 104 kantong jenazah (total sampai hari ini) yang tiba di Jakarta International Container Terminal (JITC) II," ujar Deputi Bidang Operasi Basarnas Mayjen TNI Nugroho Budi Widianto, di JICT II, Jakarta Utara, Sabtu, 3 November 2018.
 
Ia menjelaskan, dari 31 kantong jenazah tersebut, 27 di antaranya dibawa oleh KN SAR Sadewa milik Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas). Sementara empat kantung jenazah dibawa dengan kapal lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sesampainya di JICT, tim langsung memeriksa kantong jenazah bersama tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Metro Jaya, Basarnas, dan Palang Merah Indonesia. Beberapa petugas tampak mendokumentasikan dan mencatat detail temuan.
 
Kantong-kantong jenazah kemudian dimasukkan ambulans. Petugas langsung membawa temuan Basarnas tersebut ke RS Polri Said Soekamto Kramat Jati, Jakarta Timur.
 
Ia menambahkan, pada proses evakuasi hari ini juga berhasil ditemukan roda depan maupun belakang serta kedua mesin Lion Air dengan nomer penerbangan JT 610. Namun satu set ban serta mesin tersebut belum diangkat dari dasar laut.
 
"Belum diangkat, kita sudah lihat dari Remote Under Vehicle (RUV)," imbuhnya.
 

 

(DMR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi