Ilustrasi korona. Medcom.id
Ilustrasi korona. Medcom.id

Sembuh dari Covid-19, Kesehatan Harimau Tino dan Hari Tetap Dipantau

Nasional kebun binatang Virus Korona Hewan Dilindungi pandemi covid-19
Aria Triyudha • 02 Agustus 2021 14:59
Jakarta: Taman Margasatwa Ragunan (TMR) tetap mengobservasi dan memeriksa kondisi kesehatan dua harimau Sumatra Tino dan Hari. Keduanya dinyatakan sembuh dari covid-19.
 
"Secara klinis sudah tidak menunjukkan gejala klinis sakit lagi dan akan kami lanjutkan dengan uji laboratorium untuk memastikan satwa tersebut benar-benar negatif covid-19," kata Kepala Unit Pengelola TMR Endah Rumiyati di Jakarta, Senin, 2 Agustus 2021.
 
Tino dan Hari dikonfirmasi terjangkit covid-19 dari hasil pemeriksaan. Kedua hewan itu menunjukkan gejala sakit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami tidak melakukan tes untuk satwa yang tidak menunjukkan klinis sakit," beber Endah.
 
Endah menyebut pihaknya tak menutup kemungkinan bakal memriksa seluruh satwa di TMR Ragunan. Hal itu untuk memastikan tidak ada satwa lain terjangkit covid-19.
 
(Baca: 2 Harimau Sumatra Sembuh dari Covid-19, 5 Jenis Hewan Ini Juga Pernah Dilaporkan Terinfeksi)
 
Sebelumnya, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) Provinsi DKI Jakarta, Suzi Marsitawati, mengumumkan dua harimau Sumatra, Tino dan Hari, sembuh dari covid-19. Kedua satwa itu diyakini tidak menularkan virus kepada manusia.
 
Sebab, belum ada studi yang menunjukkan eksudat satwa yang terinfeksi covid-19 mengandung virus aktif. Namun, pihaknya masih menelusuri penyebab dua satwa itu terpapar covid-19.
 
"Mengingat, saat satwa mulai mengidap gejala, Taman Margasatwa Ragunan dalam kondisi ditutup, karena sudah PPKM Darurat. Kami juga tracing kepada perawat dan petugas saat satwa sakit, tidak ada yang terpapar covid-19. Sehingga, kami masih menelusuri penyebabnya," beber dia.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif