Kepala BNPB Doni Monardo. Foto: Medcom.id/Damar Iradat
Kepala BNPB Doni Monardo. Foto: Medcom.id/Damar Iradat

BNPB Mitigasi Bencana dengan Vetiver dan Porang

Nasional banjir jakarta tanah longsor bencana banjir Jakarta Banjir
Nur Azizah • 15 Januari 2020 09:15
Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berencana menanam tumbuhan vetiver atau angkat wangi dan porang sebagai mitigasi bencana banjir dan longsor. Dua tumbuhan ini bakal ditanam secara masif di daerah rawan bencana.
 
"BNPB sedang memetakan sejumlah daerah sehingga nanti bisa kelihatan berapa luas area yang perlu dilakukan reforestasi (penanaman hutan kembali)," kata Kepala BNPB Doni Monardo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 14 Januari 2020.
 
Vetiver merupakan jenis tanaman rumput yang memiliki khasiat buat kesehatan. Sementara porang tanaman jenis umbi-umbian yang digunakan sebagai bahan pembuatan shirataki, mie Jepang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


BNPB juga akan mereforestasi dengan menanam tanaman keras yang memiliki nilai ekonomis. Misalnya pohon aren, sukun, alpukat, hingga puspa.
 
"Ini akan dikombinasikan. Jadi, mereka tidak perlu lagi menebang pohon (untuk menanam palawija). Mereka bisa tanam itu (vetiver dan porang), bisa mendapatkan nilai ekonomis," tutur dia.
 
Doni menyebut langkah ini tak akan berhasil tanpa peran serta masyarakat. Dia berharap masyarakat tertarik ikut menanam.
 
"Kalau tanaman-tanaman ini dibudidayakan mereka kan harus menjaga tanaman pelindungnya juga. Jadi, tanaman pelindungnya tidak dirusak, sehingga kondisi lereng gunung itu terpelihara," tutur dia.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif