Komisi V DPR menggelar rapat kerja bersama pemerintah sebagai persiapan menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2019 (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)
Komisi V DPR menggelar rapat kerja bersama pemerintah sebagai persiapan menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2019 (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)

Komisi V Pantau Persiapan Arus Mudik 2019

Nasional berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 21 Mei 2019 16:34
Jakarta: Komisi V DPR menggelar rapat kerja (raker) bersama pemerintah. Raker digelar sebagai persiapan menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2019.
 
Raker dihadiri Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, dan Badan SAR Nasional (BASARNAS).
 
"Khususnya terkait persiapan infrastruktur menjelang mudik Lebaran," kata Ketua Komisi V DPR Fary Djemi Francis, usai memimpin raker di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa, 21 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada rapat yang berlangsung selama tiga jam lebih itu, Komisi V mendengarkan berbagai persiapan yang dilakukan oleh pemerintah. Sejumlah persiapan meliputi infrastruktur, pengamanan, pengalihan arus transportasi darat di Pulau Jawa, hingga keselamatan moda transportasi.
 
Politikus Gerindra itu menekankan, persiapan yang dilakukan oleh pemerintah harus maksimal. Dia tidak ingin berbagai kecelakaan yang terjadi pada arus mudik dan balik tahun sebelumnya, terulang.
 
"Kejadian kemarin kapal tenggelam, diawasi secara ketat. Termasuk kelengkapan keselamatan," kata Fary.
 
Untuk memastikan berbagai kesiapan, Fary pun mengajak pemerintah memantau langsung ke lapangan. Rencana, kunjungan akan dilakukan pada 23-25 Mei 2019, di tiga provinsi, yaitu Sumatera Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
 
"Nanti Pak Menteri cukup satu hari saja di lapangan. Setelah itu pendampingan kami di sana cukup dilakukan oleh Dirjen," ujar Fary.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif