Jokowi Ingin Madrasah Jadi Tonggak Pembangunan SDM

Yogi Bayu Aji 06 Desember 2018 16:03 WIB
presiden jokowimuhammadiyah
Jokowi Ingin Madrasah Jadi Tonggak Pembangunan SDM
Presiden Joko Widodo - Medcom.id/Yogi Bayu Aji.
Jakarta: Presiden Joko Widodo mendorong madrasah menjadi salah satu tonggak pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang bakal menjadi fokus pemerintah. Jokowi mencontohkan peran Madrasah Mu'allimin-Mu'allimaat Muhammadiyah yang sudah seabad berdiri. 

"Saya kira kekuatan-kekuatan seperti ini yang nantinya menjadi sebuah peran sentral bagi pembangunan SDM yang kita harapkan ini dilakukan besar-besaran dimulai 2019," kata Jokowi saat mengunjungi Universitas Aisyiyah (Unisa), di Yogyakarta, Kamis, 6 Desember 2018.

Kepala Negara memuji Muhammadiyah yang sudah banyak berperan dalam pengembangan pendidikan dan kesehatan masyarakat. Apalagi, masalah itu sudah lama diperhatikan oleh organisasi berbasis Islam yang didirikan Kiai Haji Ahmad Dahlan itu. 


(Baca juga: 2019, Peran Guru Semakin Strategis)

"Sebagai contoh tadi misalnya kayak Madrasah Mu'allimin-Mu'allimaat itu sudah 1918 dengan gedung yang begitu sangat megahnya. Artinya memang ini sebuah perjuangan panjang dari Muhammadiyah." 

Jokowi juga mengapresiasi Unisa yang didirkan Muhammadiyah. Dia menilai kampus ini memiliki kekhasan tersendiri. 

"Saya melihat dosennya 80 persen lebih adalah perempuan-perempuan mandiri dan pandai sehingga saya kira mengajarkan kepada anak didiknya juga lebih mudah. Saya lihat mahasiswanya juga sebagian besar perempuan," tutur dia. 






(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id