Marka wisata Tanjung Lesung yang rusak berat akibat hempasan gelombang tinggi teronggok di Resort Tanjung Lesung, Banten. MI/Susanto.
Marka wisata Tanjung Lesung yang rusak berat akibat hempasan gelombang tinggi teronggok di Resort Tanjung Lesung, Banten. MI/Susanto.

Kemendagri Buka Tiga Posko Bantu Korban Tsunami Selat Sunda

Nasional Tsunami di Selat Sunda
Faisal Abdalla • 25 Desember 2018 03:45
Jakarta: Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membuka tiga posko bantuan korban tsunami Selat Sunda. Posko ini melayani penerbitan dokumen kependudukan bagi para korban.
 
"Tiga posko yang kami buka adalah posko di Dukcapil Serang, Dukcapil Pandeglang, dan Dukcapil Lampung Selatan," kata Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar di Jakarta, Senin, 24 Desember 2018.
 
Baca: 198 Korban Tewas akibat Tsunami Teridentifikasi

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahtiar mengatakan tim dari Dukcapil Kemendagri akan membantu proses identifikasi korban dan penerbitan dokumen kependudukan. Tim ini berkoordinasi dengan instansi lainnya seperti Polri dan Pemerintah Daerah.
 
Tim Dukcapil Kemendagri pun akan menerbitkan akta kematian setelah korban meninggal berhasil diidentifikasi. Bahtiar berharap posko ini dapat meringankan beban masyarakat yang terkena bencana.
 
"Ini sebagai wujud kehadiran pemerintah di tengah masyarakat," pungkas Bahtiar.
 
Baca: Korban Meninggal Tsunami Selat Sunda Jadi 373 Orang
 
Tsunami di Selat Sunda menerjang pesisir Banten dan Lampung Selatan Sabtu, 22 Desember 2018 malam. Data terbaru mencatat korban meninggal dunia mencapai 373 orang dan1.459 orang luka-luka.
 
Sebanyak 128 orang masih dinyatakan hilang serta 5.665 orang terpaksa mengungsi akibat bencana ini. Keseluruhan korban berasal dari lima kabupaten terdampak bencana.
Meski begitu, jumlah pengungsi berkurang drastis dari semula 11.453 orang menjadi 5.361 orang.
 

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif