Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Pemindahan Ibu Kota Tak Menghilangkan Masalah di Jakarta

Nasional pemindahan ibukota
Nur Azizah • 29 April 2019 21:38
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai wacana pemindahan ibu kota tak serta merta bisa menyelesaikan kompleksitas masalah Jakarta. Pemerintah tak bisa lepas tanggung jawab menyelesaikan masalah di Jakarta saat ini.
 
"Kami sampaikan, Ibu Kota mau ada di Jakarta atau di tempat lain, masalah yang ada di Jakarta tetap harus diselesaikan dan ini menjadi komitmen dari pemerintah," kata Anies di Pasar Kenari, Jakarta Pusat, Senin, 29 April 2019.
 
Secara garis besar wacana pemindahan ibu kota demi pemerataan pembangunan. Di mana pusat perekonomian dan kepadatan penduduk masih terpusat di Pulau Jawa saat ini. Tidak ada lagi ketimpangan antara Jawa dan luar Jawa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pulau Jawa amat padat sementara daerah lain penduduknya sedikit, strategi besarnya itu," ungkap Anies.
 
Mantan Mendikbud ini menyampaikan, pemindahan Ibu Kota untuk mewujudkan komitmen pemerintah dalam pemerataan pembagunan. Meskipun, dalam rencana ibu kota yang baru hanya sebagai pusat pemerintahan.
 
"Dalam paparan tadi, yang rencana akan dipindah hanya aspek pemerintahan dan administrasinya. Jadi, kegiatan perekonomian, perdagangan, perbankan itu tidak mengalamai perubahan," ucap dia.
 
Namun mantan Rektor Universitas Paramadina enggan berkomentar lebih jauh. Pasalnya, rencana ini baru fase pembahasan, belum tahap keputusan.
 
Sebelumnya Anies menghadiri rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.
 
Pemerintah berencana memindahkan Ibu Kota Indonesia dari Jakarta ke daerah lain di luar Jawa demi mengurangi tingkat kepadatangan yang sudah membludak di Jakarta. Kajian pemindahan Ibu Kota pun telah sampai ke tangan Presiden sejak tahun lalu.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif