Kendaraan roda empat berusaha menembus banjir yang melanda Jalan Gajayana, di Malang, Jawa Timur. (Foto: ANTARA/H Prabowo)
Kendaraan roda empat berusaha menembus banjir yang melanda Jalan Gajayana, di Malang, Jawa Timur. (Foto: ANTARA/H Prabowo)

Potensi Angin Kencang Terjadi pada Sore Hari

Nasional prakiraan cuaca
12 Desember 2018 09:52
Jakarta: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut probabilitas hujan dengan intensitas cukup tinggi akan berlangsung paling sedikit selama lima hari ke depan. Salah satu faktor yang memicu hal tersebut adalah pertumbuhan awan yang bergerak dari wilayah barat menuju timur Indonesia.

"Memang tidak seluruh wilayah mengalami intensitas yang sama. Secara umum potensi hujan dan aktivitas cuaca ini akan meningkat di hari-hari ke depan," ujar Deputi bidang Meteorologi BMKG Mulyono Prabowo dalam Metro Pagi Primetime, Rabu, 12 Desember 2018.

Mulyono mengatakan intensitas angin kencang akan bervariasi setiap harinya. Termasuk potensi puting beliung dan angin dengan embusan kuat tidak setiap saat secara konsisten berlangsung melainkan ada jeda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Terpenting yang perlu diperhatikan adalah pada masa jeda tersebut biasanya ditandai dengan cuaca terik pada pagi menjelang tengah hari kemudian pada sore hari terjadi pertumbuhan awan yang kuat. "Sore sekitar jam tiga atau jam empat biasanya hujan akan sangat lebat dengan diawali atau disertai angin kencang," ungkapnya.

Ia menambahkan potensi terjadinya puting beliung juga akan dipengaruhi oleh faktor lingkungan sekitar. Terutama ketika terjadi perubahan suhu sangat drastis yang cenderung memicu terjadinya puting beliung.

"Kalau hanya berbeda pada pagi dan siang dengan peningkatan suhu sekitar 4-5 derajat biasanya hanya anginnya yang kuat, bukan puting beliung," pungkasnya.




(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi