Jepang Bantu Rp23 Miliar Untuk Korban Sulteng
reruntuhan bangunan pasca gempa dan tsunami di Sulteng - Medcom.id/Surya Perkasa
Jakarta: Jepang memberikan bantuan darurat kepada korban gempa dan tsunami Sulawesi Tengah (Sulteng) sebanyak Rp23 miliar. Total bantuan itu didapat dari kolaborasi antara pemerintah dengan 60 perusahaan swasta Jepang.

"Kami memberikan bantuan sebagai bentuk respon cepat, sekaligus membagikan keahlian yang dimiliki Jepang dalam pengalaman penanganan bencana," kata Menteri Keuangan Jepang Taro Aso dikutip dari Antara, Nusa Dua, Bali, Jumat, 12 Oktober 2018

Jepang turut mengirimkan sumber daya manusianya yakni, tim Pasukan Bela Diri Jepang (Japan Disaster Relief) sebanyak 50 orang. Tim ini dikirim menggunakan pesawat Hercules C-130 H.


(Baca: Pemerintah Kebut Pembangunan Hunian Sementara)

Jepang juga memberikan bantuan rehabilitasi dan rekonstruksi wilayah bencana. Termasuk, bantuan berupa seismograf atau alat sensor getar yang akan dipasang di 93 titik di wilayah Indonesia pada tahun ini.

Bantuan juga diberikan dalam bentuk kerja sama peningkatan kemampuan terkait pemanfaatan informasi bencana. Bahkan, beberapa tenaga ahli penanggulangan bencana dari JICA (Badan Kerjasama Internasional Jepang) telah berkolaborasi dengan BNPB dan Kementerian PUPR untuk tugas pemulihan dan rekonstruksi bencana.




(JMS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id