Kemenhub Diminta Evaluasi Lion Air

Akmal Fauzi, Kautsar Widya Prabowo 29 Oktober 2018 16:37 WIB
Lion Air Jatuh
Kemenhub Diminta Evaluasi Lion Air
Politikus PKS Fahri Hamzah--Metrotvnews.com/Gervin Nathaniel Purba.
Jakarta: Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengevaluasi maskapai perbangan Lion Air.  Hal itu terkait insiden jatuhnya pesawat Lion Air JT610 di perairan Karawang, Jawa Barat.

"Kami minta Kementerian Perhubungan segera melakukan evaluasi kepada Lion Air. Kita wajib tahu apa penyebabnya,” kata Fahri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Senin, 29 Oktober 2018.

Evaluasi oleh Kemenhub terhadap Lion Air perlu dilakukan, karena keselamatan penerbangan tidak bisa ditawar-tawar. Apalagi, insiden itu bukan pertama kali terjadi menimpa Lion Air.


"Sebenarnya ada apa sih? Kenapa lagi-lagi Lion Air yang makan korban. Saya minta ke pemerintah, khususnya KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) harus berikan penjelasan yang tuntas kenapa sering terjadi (kecelakaan) dengan Lion. Itu pasti ada penjelasan yang rasional,” jelasnya.

Baca: Lion Air Beri Opini Buruk Penerbangan Indonesia

Di sisi lain, Fahri mengapresiasi upaya cepat pihak Basarnas menemukan titik koordinat jatuhnya pesawat. Pun demikian, ia menekankan agar hasil investigasi insiden tersebut bisa segara diungkap ke publik.

“Ini penting, pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan dan Lion Air harus menjelaskan ada apa dan kenapa? agar kedepannya Lion Air tidak lagi seperti ini, apakah ada pelanggaran Undang-undang atau tidak. Ini penting untuk memastikan keselamatan penerbangan. Itu nomor satu,” ujar Fahri.

Ia mengimbau, untuk maskapai lain yang memiliki kekurangan dalam operasional ataupun teknis, tidak memaksakan terbang. Sehingga penumpang yang menjadi korbannya. "Jangan sebabnya ada airline yang kurangi unsur tertentu, lalu bebannya diberikan pada penumpang," imbuhnya.

Sebelumnya, Tim Badan SAR Nasional (Basarnas) menyatakan pesawat Lion Air JT610 jatuh di Perairan Karawang, Jawa Barat. Tim menemukan berbagai benda dari pesawat rute Jakarta-Pangkal Pinang itu di permukaan air.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id