PBNU dan PP Muhammadiyah Kedepankan Persatuan Bangsa

M Sholahadhin Azhar 01 November 2018 05:28 WIB
pbnu
PBNU dan PP Muhammadiyah Kedepankan Persatuan Bangsa
PBNU sowan ke kantor Muhammadiyah di Menteng, Jakarta Pusat - Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Jakarta: Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sepakat berkomitmen mengajak masyarakat menjaga keutuhan dan kedualatan Indonesia. Keputusan itu untuk merespon situasi bangsa saat ini.

"Kami berkomitmen kuat menegakkan keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini di kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 31 Oktober 2018.

Keduanya, kata Helmy, ingin mengajak semua pihak menguatkan dan memperluas kebersamaan antar komponen bangsa. Tujuannya untuk menegakkan integrasi nasional dalam suasana yang damai dan bersatu.


Helmy juga menyebut kedua ormas mendukung sistem demokrasi dan proses demokratisasi sebagai proses kenegaraan di Indonesia. Sehingga semua elemen bangsa diminta mengawal proses demokrasi yang substantif yang bebas dari politik koruptif.

"Demi tegaknya kehidupan politik yang dijiwai nilai agama, Pancasila dan kebudayaan luhur Indonesia," katanya.

Sekjen PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengimbau semua pihak mengedepankan komunikasi dan kerjasama antar pihak. Hal ini untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa dan mendidik masyarakat.

"Itu sebagai perwujudan ukhuwah keumatan dan kebangsaan yang produktif," jelas Abdul.

Terakhir, ia juga mengingatkan masyarakat bahwa Indonesia memasuki tahun politik. Sehingga penting bagi semuanya untuk mengedepankan kebersamaan, apapun pilihan politiknya.

Kontestasi politik, kata Abdul, diharapkan menjadi pesta demokrasi yang damai, cerdas dan dewasa. Masyarakat diminta menghindari sikap permusihan dan saling menjatuhkan antar sesama.

"Kami percaya rakyat dan para elit Indonesia semakin cerdas, santun dan dewasa dalam berpolitik," tandasnya.



(JMS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id