Tangkal Radikalisme, Legislator Usul Evaluasi Pendidikan Karakter

Anggi Tondi Martaon 23 Mei 2018 16:01 WIB
berita dpr
Tangkal Radikalisme, Legislator Usul Evaluasi Pendidikan Karakter
Anggota Komisi X DPR RI Mujib Rohmat (Foto:Dok)
Jakarta: Anggota Komisi X DPR RI Mujib Rohmat mengusulkan agar pendidikan karakter dievaluasi. Hal itu sebagai bentuk upaya menangkal radikalisme melalui sektor pendidikan.

Evaluasi bisa dilakukan antara Komisi X DPR dengan Mendikbud, serta Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

"Apakah hal ini sudah masuk di dalam kurikulum atau belum. Karena hal itu harus dimulai dari kurikulum pendidikan, juga terkait dengan intensitas dan guru-gurunya. Seperti apa guru-guru yang akan mengajarkan tentang pendidikan karakter tersebut,” kata Mujib dalam keterangan tertulis, Rabu, 23 Mei 2018.


Dari pertemuan tersebut diharapkan menemukan sebuah kesimpulan yang dapat diterapkan. "Kira-kira akan ketemunya di mana. Apakah mereka yang akan membuatkan semacam kurikulum atau memberi catatan metodologinya. Lalu bagaimana pula mengakomodirnya ke dalam pendidikan formal,” paparnya.

Usulan tersebut disampaikan Mujib menyikapi kasus teror bom yang terjadi beberapa waktu terakhir. Anak-anak dilibatkan oleh orang tua saat melakukan aksi teror.

“Kita sangat prihatin sekali terhadap model baru, di mana orang tua mengajak anaknya untuk ikut terlibat dalam melakukan teror bom. Ini suatu yang luar biasa, dan hal itu harus ada pencegahannya,” ujar politikus Fraksi Golkar ini.



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id