Forum Advokat Datangi Kejagung Bahas Lingkungan Hidup
Ilustrasi. Foto: Istimewa
Jakarta: Forum Advokat Pemerintah Bersih (FABI) mendatangi Kejaksaan Agung untuk menyampaikan keprihatinan atas keberlangsungan lingkungan hidup wilayah Indonesia. Khususnya di wilayah pertanian di Tangerang, Banten, yang sudah beralih fungsi.

FABI meminta Kejagung turun tangan terkait bidang hukumnya. Mereka menilai ada yang keliru terhadap alih fungsi sejumlah lahan oleh Pemerintah Tangerang.

"Ini terkait dengan dampak ketahanan pangan mengingat dewasa ini kita yang dahulu mempunyai program swasembada pangan untuk mencukupi kebutuhan pokok, justru membeli beras impor," kata Koordinator FABI, Ilal Ferhard, seperti dilansir Antara, Jumat, 6 Juli 2018.


Ilal meminta Pemerintah Tangerang tertib administrasi, baik itu secara formal dan materiil. Karena, menurutnya, aparatur Pemerintah Tangerang mengabaikan Undang-Undang (UU) Nomor 41 tahun 1999 tentang Perlindungan Lahan Pertanian.

Salah satunya adalah keberadaan lahan seluas 400 hektare yang diduga dialihfungsikan dari lahan pertanian menjadi lahan perumahan. "Berdasarkan pengecekan peta Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) oleh tim kami, ternyata lahan tersebut merupakan lahan pertanian produktif," katanya.

Padahal, kata dia, program pembangunan yang dimaksud adalah pola kebijaksanaan pembangunan yang tidak mengganggu keseimbangan ekosistem.

"Yaitu pembangunan yang berorientasi kepada pengelolaan sumber daya alam sekaligus mengupayakan perlindungan dan pengembangannya," kata Ilal.



(UWA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id