Kendaraan yang didominasi pemudik melintas Tol Cipali, Kawasan Subang, Jawa Barat. Foto: MI/Ramdani
Kendaraan yang didominasi pemudik melintas Tol Cipali, Kawasan Subang, Jawa Barat. Foto: MI/Ramdani

BPJT: Lalu Lintas Jalan Tol Sudah Menuju Normal

Nasional Jalan Tol Virus Korona pandemi covid-19
M Iqbal Al Machmudi • 22 November 2020 04:08
Jakarta: Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan arus lalu lintas (lalin) jalan tol berangsur pulih. Kondisi sudah menuju normal.
 
"Kalau kita lihat kondisinya sudah mulai pada lagi yang artinya sudah mulai meningkat mengarah ke 100 persen," kata Kepala Bagian Umum BPTJ Mahbullah Nurdin saat webinar, Sabtu, 21 November 2020.
 
Menurut dia, peningkatan terjadi karena masyarakat terutama yang berdomisili di Pulau Jawa memilih bepergian menggunakan kendaraan pribadi. Mereka memanfaatkan jalan tol ketimbang pesawat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena kalau pakai pesawat harus rapid test atau swab test dan merasa ribet sehingga mereka memilih menggunakan jalan tol untuk berpergian," ungkap Nurdin.
 
Baca: Astra Kebut Pengerjaan Jalan Tol ke Bandara Kertajati
 
Saat awal virus korona (covid-19) masuk Indonesia Maret 2020, lalu lintas turun hingga awal Juni 2020. Titik balik kenaikan arus lalin hingga hampir 90 persen terjadi pada libur panjang September-November.
 
Nurdin mengatakan arus lalin jalan tol selama pandemi pada Januari-Oktober 2020 menurun drastis di April-Mei hingga 60 persen. Di beberapa daerah penurunan bahkan hingga 80 persen.
 
Adanya wabah covid membuat BPJT menerapkan beberapa skenario dari sisi konsumsi hingga sisi lainnya. Dari sisi konsumsi, petugas diwajibkan menerapkan protokol kesehatan. Setiap badan usaha juga harus memiliki poliklinik atau tenaga medis di lapangan.
 
"Hal itu untuk memperingan dan meminimalisasi dampak covid terjadi di lapangan. Karena bagaimana pun pembangunan jalan tol harus tetap jalan," jelas dia.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif