Sutan Bhatoegana--MI/Immanuel Antonius
Sutan Bhatoegana--MI/Immanuel Antonius

Terancam Gagal, Sutan Batoegana Datangi Panwaslu Medan

Nasional kecurangan pemilu
Puji Santoso • 17 April 2014 17:20
medcom.id, Medan: Caleg DPR RI asal Partai Demokrat Sutan Batoegana, Kamis (17/4/2014), mendatangi Kantor Pengawas Pemilu Kota Medan, Sumatera Utara, Jalan Mandolin 55, Kecamatan Medan Baru. Sutan yang didampingi sejumlah anggota timnya datang untuk menanyakan prosedur pelaporan dugaan tindakan kecurangan yang dialaminya dan dialami sejumlah caleg Demokrat lainnya.
 
Ketua Panwaslu Kota Medan, Teguh Satrya Wira, kepada Media Indonesia di kantornya, Kamis siang, membenarkan kehadiran Sutan dan timnya ke kantornya. Menurut Teguh, Sutan belum melaporkan adanya tindakan kecurangan dan pencurian perolehan suara yang dialaminya kepada Panwaslu Kota Medan.
 
"Pak Sutan datang ke kami hanya mau memperoleh informasi bagaimana prosedur melaporkan oknum-oknum caleg dan parpol yang dinilainya curang ke Panwaslu. Kami minta beliau membawa bukti-bukti akurat mengenai pencurian suara dan kecurangan lainnya," kata Teguh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah diberitahukan prosedurnya, menurut Teguh, Sutan Batoegana berjanji akan datang kembali ke Kantor Panwaslu Kota Medan untuk membawa sejumlah bukti pencurian perolehan suara yang terjadi di tingkat PPS.
 
Sehari sebelumnya, kepada Media Indonesia di rumahnya di Medan, Sutan merasa kecewa karena perolehan suaranya diduga dicuri oleh caleg-caleg dari kader Partai Demokrat sendiri. Sutan bersama timnya sedang mengumpulkan bukti-bukti di tingkat Panitia Pemungutan Suara yang perolehan suaranya diduga dicuri oleh caleg Demokrat lainnya.
 
"Saya sendiri tidak masalah kalau toh akhirnya saya tidak lagi terpilih menjadi anggota DPR RI. Tapi kalau caranya seperti ini terus dicurangi, apalagi oleh teman sendiri, saya akan melaporkannya kepada DPP, Bawaslu, dan kepolisian," ujar Sutan.
 
Secara terpisah, anggota Bawaslu Sumatera Utara, Aulia Andri, yang ditemui Media Indonesia di ruang kerjanya Kamis siang menyatakan pihaknya akan memberlakukan sanksi tegas bagi caleg-caleg yang terbukti berbuat curang dalam Pileg kali ini.
 
"Sanksi itu adalah caleg yang oleh KPU dinyatakan memperoleh suara terbanyak dan duduk di kursi lembaga legislatif, dipastikan akan didiskualifikasi dan pasti tidak akan dilantik menjadi anggota dewan," kata Aulia Andri.
 

(LAL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif