Tumpukan sampah di pintu air Manggarai, Kamis, 10 Oktober 2019. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan
Tumpukan sampah di pintu air Manggarai, Kamis, 10 Oktober 2019. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan

Pintu Air Manggarai Siaga Banjir

Nasional banjir jakarta
Sri Yanti Nainggolan • 10 Oktober 2019 15:55
Jakarta: Kasatbag Badan Air UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Rohmat memastikan siaga mengantisipasi banjir di pintu air Manggarai. Segala persiapan dilakukan.
 
"Sudah persiapan tapi namanya banjir tak tahu kapan (datangnya). Musim hujan ini stand by alat, angkutan, dan petugas," kata Rohmat pada Medcom.id, Kamis, 10 Oktober 2019.
 
Rohmat memastikan pihaknya juga sudah siap menangani sampah yang kerap menumpuk di pintu air saat hujan deras. Apalagi, sampah banjir biasanya berukuran besar seperti kayu atau plastik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sampah-sampah akan dibawa ke tempat pembuangan sementara (TPS) sekitar pintu air Manggarai, seperti di Jalan Perintis Kemerdekaan. Rohmat menuturkan sampah ditunggu hingga mengering agar lebih ringan. Kemudian, dibawa ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang.
 
Pascahujan deras Selasa malam, 8 September 2019, tumpukan sampah sampai di pintu air Manggarai pada Rabu dini hari, 9 Oktober 2019. Total sampah terkumpul 156 truk atau setara 3.900 ton.
 
Sampah tersebut berasal dari Bendung Katulampa di Bogor dan sampah di sepanjang Sungai Ciliwung yang terbawa hingga pintu air Manggarai.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif