Menteri Sosial Juliari Batubara. Medcom.id/Damar Iradat.
Menteri Sosial Juliari Batubara. Medcom.id/Damar Iradat.

Program Bantuan sosial Dialihkan ke Pemberdayaan Masyarakat

Nasional kementerian sosial
Kautsar Widya Prabowo • 05 November 2019 05:58
Jakarta: Kementerian Sosial (Kemensos) berencana mengalihkan program bantuan sosial (Bansos) ke program pemberdayaan masyarakat. Program ini diklaim sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan rakyat.
 
"Artinya sudah ada graduasi dari warga miskin menjadi lebih sejahtera," kata Menteri Sosial Juliari Batubara seperti dilansir Antara, Jakarta, Senin, 4 November 2019.
 
Juliari mengatakan tidak ada pengurangan atau penambahan anggaran untuk program ini. Anggaran program ini merupakan pengalihan dari bantuan sosial kepada program pemberdayaan. Dengan begitu, masyarakat tidak lagi bergantung pada bantuan sosial.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi secara nilainya sebenarnya sama tetapi kualitasnya kita shifting ke anggaran pemberdayaan sosial," katanya.
 
Juliari tidak ingin memperbanyak angka kemiskinan dengan terus menerus memberikan bantuan sosial. Sedangkan angka kemiskinan tidak banyak menujukkan perubahan yang positif.
 
Oleh karena itu, kata dia, melalui rencana peningkatan program pemberdayaan ini masyarakat menjadi lebih berdaya sehingga dapat mensejahterakan diri dengan kemampuan yang mereka miliki.
 
Program pemberdayaan yang sudah dilakukan dan akan terus ditingkatkan oleh Kemensos di antaranya adalah program Kelompok Usaha Bersama dan sejumlah program pendampingan bagi keluarga penerima manfaat dari Program Keluarga Harapan (PKH) seperti kewirausahaan.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif