NEWSTICKER
Buruh ingin bertemu Ketua DPR Puan Maharani. Foto: Medcom.id/Anggi Tondi
Buruh ingin bertemu Ketua DPR Puan Maharani. Foto: Medcom.id/Anggi Tondi

Buruh Bergerak Ingin Bertemu Puan Maharani

Nasional Demo Buruh
Anggi Tondi Martaon • 02 Oktober 2019 12:37
Jakarta: Buruh dari sejumlah serikat buruh menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung DPR. Mereka ingin menyampaikan aspirasi terkait revisi Undang Undang (UU) Ketenagakerjaan.
 
Dari mobil komando, orator mengingatkan agar aksi dilakukan secara damai. Mereka hanya ingin bertemu pimpinan DPR yang baru dilantik pada Selasa, 1 Oktober 2019 malam.
 
"Kita ingin bertemu pimpinan DPR yang diketuai Ibu Puan Maharani," kata orator dari mobil komando di depan Restoran Nusa Dua, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu, 2 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pantauan Medcom.id, aksi berlangsung tertib. Para demonstran berkumpul di depan restoran Pulau Dua.
 
Pengamanan yang dilakukan oleh polisi juga tidak terlalu ketat. Personel kepolisian yang mengawasi di depan barisan buruh pun tidak memakai rompi dan helm.
 
Buruh berkomitmen proses demonstrasi yang dilakukan berjalan tertib dan damai. "Aksi kita bukan aksi kaleng-kaleng, betul? Aksi kita bukan aksi timpuk-timpukan," seru orator dari mobil komando.
 
"Betul!" jawab para demonstran.
 
Komitmen menjalankan aksi damai dan tertib dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Aparat gabungan polisi dan TNI pun ikut menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia itu bersama para buruh.
 
"Posisi siap," seru salah satu personel yang berdiri di mobil komando polisi.
 
Hingga saat ini, para demonstran tertahan di depan gerbang Restoran Nusa Dua. Mereka belum diizinkan menuju gerbang utama Kompleks Parlemen.
 
Ribuan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menggelar unjuk rasa di depan Gedung DPR, Senayan, Jakarta. Mereka menyuarakan sejumlah isu buruh kepada wakil rakyat.
 
Ada tiga tuntutan utama yang disuarakan, yakni menolak revisi UU Ketenagakerjaan, menolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan, dan menolak revisi Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015.
 
Massa buruh yang datang dari berbagai daerah berkumpul di Parkir Timur Senayan. Massa dari 10 provinsi ini baru mulai bergerak ke Gedung DPR/MPR sekitar pukul 10.00 WIB.
 


 

(UWA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif