Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

154 Bencana Terjadi Sepanjang Januari 2021

Nasional bencana bencana alam bnpb
Nur Azizah • 19 Januari 2021 18:02
Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 154 bencana sejak 1 hingga 18 Januari 2021. Bencana banjir dan longsor paling banyak terjadi. 
 
"Beberapa juga ada angin ribut. Dari sekian banyak bencana alam sudah merengut 140 korban jiwa dan 776 orang luka," kata juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di gedung BNPB, Jakarta Timur, Selasa, 19 Januari 2021.
 
Wiku mengatakan bencana banjir dan longsor disebabkan curah hujan dan cuaca ekstrem. Bencana banjir dan longsor terjadi di sejumlah provinsi seperti di Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Jawa Barat. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Curah hujan yang tinggi saat ini dan cuaca ekstrem menyebabkan banjir di beberapa tempat seperti Malang dan Puncak, Bogor," ujar Wiku. 
 
Secara geografis dan geologis, Indonesia berada di lokasi rawan bencana. Karena itu, sudah menjadi kewajiban masyarakat meningkatkan rasa kewaspadaan sesuai surat edaran Kementerian Dalam Negeri.
 
"Pemerintah daerah juga diharapkan mampu meningkatkan kewaspadaan dan mengaktifkan serta memobilisasi segala kekuatan dalam rangka penanggulangan bencana," ujar Wiku.
 
Hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Mamuju, Sulawesi Barat yang luluh lantak akibat gempa berkekuatan 6,2 magnitudo. Kemarin, 18 Januari 2021, Jokowi mengunjungi kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan guna memastikan penanganan bencana di tengah pandemi.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif