Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Polri dan Sejumlah Kementerian Samakan Persepsi Soal Larangan Mudik

Nasional Mudik Lebaran polri Virus Korona pandemi covid-19 Ramadan 2021
Theofilus Ifan Sucipto • 21 April 2021 15:59
Jakarta: Polri dan sejumlah kementerian menggelar rapat koordinasi. Rapat digelar untuk menyamakan persepsi antisipasi pencegahan covid-19 saat Lebaran 2021.
 
"Berusaha secara bersama-sama bagaimana aktivitas Idulfitri ini berjalan aman dengan khidmat dan selamat," kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Rusdi Hartono di Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 21 April 2021.
 
Rusdi menyebut seluruh peserta rapat berkaca dari Lebaran 2020. Kala itu, kasus covid-19 meningkat hingga 93 persen usai libur panjang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemudian data meninggal mingguan meningkat 63 persen," kata dia.
 
Fakta tersebut, kata Rusdi, membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan larangan mudik tahun ini. Sehingga TNI, Polri, dan sejumlah kementerian ingin satu visi dalam menjalankan larangan itu.
 
"Pemerintah mengajak masyarakat dengan kesadaran penuh untuk menindaklanjuti kebijakan tidak mudik," ujar jenderal bintang satu itu.
 
Baca: Satgas: Tidak Mudik Cara Melindungi Keluarga di Kampung dari Covid-19
 
Adapun sejumlah kementerian yang ikut rapat, yakni Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Agama. Kemudian Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo, para Kapolda, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) secara daring.
 
Pemerintah melarang pelaksanaan mudik Lebaran 2021. Keputusan ini diambil dari hasil rapat koordinasi tingkat menteri mengenai persiapan penyelenggaraan Idulfitri 1442 Hijriah.
 
Larangan mudik tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah pada 7 April 2021. Masyarakat dilarang mudik pada 6 hingga 17 Mei 2021.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif