Penumpang duduk di kursi yang telah diberi tanda jarak tubuh pada salah satu bus. Antara Foto/Novrian Arbi
Penumpang duduk di kursi yang telah diberi tanda jarak tubuh pada salah satu bus. Antara Foto/Novrian Arbi

Protokol Kesehatan Wajib Diterapkan di Transportasi Umum Saat Libur Panjang

Nasional Virus Korona transportasi pandemi covid-19 protokol kesehatan
Kautsar Widya Prabowo • 21 Oktober 2020 10:57
Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta operator transportasi umum tetap menaati protokol kesehatan saat mengangkut penumpang pada libur panjang akhir Oktober 2020. Hal ini untuk mencegah terjadinya penyebaran covid-19.
 
"Menjalankan protokol kesehatan di layanan angkutan umum sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 41 dan surat edaran di tiap sub sektor transportasi," ujar juru bicara Kemenhub Adita Irawati kepada Medcom.id, Rabu, 21 Oktober 2020.
 
Masyarakat yang berencana bepergian ke luar kota maupun luar negeri juga wajib menaati protokol kesehatan. Masyarakat dapat mengacu pada Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 9 Tahun 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Menerapkan protokol kesehatan dengan ketat yaitu selalu menggunakan masker, menjaga jarak, menjaga kebersihan tangan dan menjauhi kerumunan," jelasnya.
 
Baca: Bijak Bertransportasi, Cegah Pandemi Meluas
 
SE tersebut mengatur persyaratan yang harus dipenuhi untuk yang akan bepergian. Seperti kewajiban melakukan uji covid-19 dengan hasil negatif saat menggunakan transportasi umum darat, perkeretaapian, laut, dan udara.
 
Pemerintah menetapkan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW pada Rabu, 28 dan Jumat, 30 Oktober. Sedangkan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada Kamis, 29 Oktober 2020.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif