Ilustrasi vaksin virus korona (covid-19). Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi vaksin virus korona (covid-19). Medcom.id/M Rizal

Narasi Vaksin Antisipasi Jangka Pendek Dinilai Salah Kaprah

Nasional Virus Korona vaksin covid-19
Anggi Tondi Martaon • 23 Oktober 2020 15:42
Jakarta: Narasi pemerintah seputar vaksin covid-19 sebagai antisipasi pandemi jangka pendek dikritik. Salah kaprah seputar vaksin untuk melawan virus korona itu harus diluruskan.
 
"Padahal vaksin itu untuk jangka panjang," kata pakar epidemiologi Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono dalam diskusi Ikatan Alumni (Iluni) UI, Jumat, 23 Oktober 2020.
 
Vaksin dianggap sebagai antisipasi jangka panjang dalam melawan virus. Proses pembuatan vaksin juga harus melalui beberapa uji klinis yang tak bisa diburu-buru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyebut justru tes covid-19 yang menjadi strategi jangka pendek untuk mengendalikan pandemi. Bahkan, testing menjadi langkah dasar pengendalian wabah.
 
Baca: Uji Klinis Belum Tuntas, Vaksinasi Dinilai Sah untuk Kondisi Darurat
 
Pemerintah dapat memantau sebaran virus korona lewat tes yang masif. Orang yang terjangkit virus korona, terutama orang tanpa gejala (OTG), bisa segera diisolasi agar tidak menularkan wabah kepada orang lain.
 
Dia mengkritik Indonesia yang terlalu fokus ke pengembangan vaksin tanpa mengoptimalkan kapasitas tes. Padahal, Indonesia bisa mengendalikan pagebluk tanpa vaksin asal tes maksimal dan masif.
 
"Kita tidak serius pada hal-hal dasar tapi fokus memikirkan pada hal-hal yang belum ada. Salah satunya vaksin tadi," ujar dia.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif