NEWSTICKER
Ilustrasi korona. Medcom.id
Ilustrasi korona. Medcom.id

Rapid Test Bantu Pemerintah Lawan Korona

Nasional Virus Korona
Siti Yona Hukmana • 21 Maret 2020 10:46
Jakarta: Rapid test (uji cepat) dinilai bisa membantu pemerintah melawan pandemi virus korona (Covid-19). Pergerakan virus dapat dicegah dengan segera mengisolasi masyarakat yang terjangkit.
 
"Pemerintah juga mudah menentukan arah pertempuran melawan virus korona ini," kata anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay kepada Medcom.id, Sabtu, 21 Maret 2020.
 
Saleh berharap masyarakat yang berstatus pemantauan setuju dites virus korona. Dia berharap mereka yang terjangkit tak terus bertambah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mereka yang terjangkit juga mesti mengisolasi diri. Saleh juga meminta masyarakat terus
menerapkan kebijakan social distancing (menjaga jarak sosial).
 
"Kalau yang terjangkit tapi kondisinya tidak parah bisa diisolasi di rumah masing-masing dengan catatan tidak boleh lagi bercampur dengan anggota keluarga, ikuti pola makan yang sehat. Jika dianjurkan ke rumah sakit, ya pasien harus ke rumah sakit," kata dia.
 
(Baca: Pemerintah Siapkan Satu Juta Alat Rapid Test Covid-19)
 
Rapid test dilakukan sejak Jumat, 20 Maret 2020. Tenaga medis mendatangi rumah masyarakat di daerah hasil pemetaan indikasi paling rawan, yakni Jakarta Selatan.
 
Rapid test dilakukan pada orang-orang dari hasil tracking. Khususnya, mereka yang kontak dengan pasien positif virus korona.
 
Tenaga medis mengambil sampel darah seseorang yang dites dan meneteskan pada alat Biozek Medical Covid-19. Jika memperlihat satu garis, maka negatif virus korona.
 
Jumlah pasien positif terjangkit virus korona di Indonesia terus bertambah. Pasien terjangkit bertambah 60 kasus hingga Jumat, 20 Maret 2020.
 
Total kasus positif virus korona 369. Sebanyak 17 orang sembuh dan meninggal 32 orang. Sementara yang masih dirawat 320 orang.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif