Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Tingkat Penyebaran Covid-19 di 16 Provinsi Menurun

Nasional Virus Korona
Nur Azizah • 05 Juni 2020 17:45
Jakarta: Tingkat penyebaran (R0) Covid-19 di 16 provinsi dilaporkan menurun. Sebanyak 16 provinsi itu ialah Provinsi Aceh, Riau, Sumatra Selatan, Jambi, dan Lampung.
 
Lalu, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Banten, dan Nusa Tenggara Timur. Ada juga Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara.
 
"Jumlah kasus di 16 provinsi itu makin lama makin menurun," kata pelaksana tugas (Plt) Dirjen Dina Administrasi Kementerian Dalam Negeri Safrizal di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta Timur, Jumat, 5 Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun provinsi yang tingkat penyebaran masih tinggi (R0) atau di atas angka 1 ialah Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, dan Bangka Belitung. Kepulauan Riau, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Kalimantan Barat juga masih memiliki R0 di atas 1.
 
"Ada juga Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat," beber Safrizal.
 
Baca: Jatim 'Sumbang' Positif Covid-19 Terbanyak Hari Ini
 
Sementara ada 102 kabupaten/kota yang dianggap masih berstatus zona hijau. Sebanyak 102 kabupaten/kota ini diizinkan menerapkan kenormalan baru.
 
"Mereka sedang menuju pelaksanaan yang pedoman masyarakat produktif dan aman covid-19, di mana beberapa daerah saat ini sedang menyiapkan protokol-protokol mengadopsi dari pedoman-pedoman yang disiapkan oleh pemerintah," ucap dia.
 
Per sore ini, jumlah kasus positif covid-19 naik 702, sehingga totalnya menjadi 29.521 kasus. Adapun pasien sembuh bertambah 551 orang sehingga totalnya ada 9.443 orang dan kasus meninggal menjadi 1.770 kasus.
 

(JMS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif