Statistik peningkatan percakapan warganet di media sosial terkait Asian Games 2018. (Foto: Isentia Indonesia)
Statistik peningkatan percakapan warganet di media sosial terkait Asian Games 2018. (Foto: Isentia Indonesia)

Asian Games 'Kalahkan' Ratna Sarumpaet di Media Sosial

Nasional media sosial
28 Desember 2018 15:34
Jakarta: Isentia Indonesia mencatat ada beberapa isu di media sosial yang paling ramai diperbincangkan warganet sepanjang 2018.Selain penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games 2018, rangkaian pemilu serentak 2019 ikut menjadi topik utama perbincangan warganet.
 
"Pemantauan media sosial yang dilakukan Isentia Indonesia menemukan ada delapan topik yamg paling banyak dibicarakan warganet sepanjang 2018," ujar Insights Manager Isentia Indonesia Rendy Ezra di Jakarta, Jumat, 28 Desember 2018.
 
Topik pertama berkaitan dengan polemik susu kental manis (SKM) yang disebut oleh Badan Pengawas Obat dan makanan sangat sedikit mengandung susu alih-alih hanya krimer dan gula. Pada September 2018 Isentia menemukan sebanyak 11.956 warganet memberikan pendapatnya terkait hal tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian diikuti dengan penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games 2018 yang menjadi trending topic di platform Twitter. Selain perolehan medali warganet juga memperbincangkan pembukaan acara yang dinilai spektakuler selevel internasional. Ada sekitar 614.411 warganet terlibat dalam perbincangan.
 
Topik lain yang berhubungan dengan politik, sebanyak 549.021 percakapan warganet berkaitan dengan pemilihan calon wakil presiden pendamping Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Di dalamnya juga termasuk pembicaraan tentang permintaan maaf Prabowo atas kasus hoaks Ratna Sarumpaet yang sempat 'mengguncang' linimasa media sosial.
 
Masih di periode yang sama dengan penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games, pertemuan tahunan IMF-AM 2018 yang diselenggarakan di Bali juga turut menyedot perhatian. Bukan hanya Indonesia menjadi tuan rumah, sebanyak 27.573 warganet membahas tentang anggaran pertemuan tahunan IMF-AM.
 
Tak kalah ramai, warganet turut bersimpati atas bencana gempa dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, serta jatuhnya pesawat Lion Air JT610 PK-LQP rute Jakarta-Pangkal Pinang yang menewaskan seluruh penumpangnya.
 
"Volume percakapan terbanyak tercatat pada hari kecelakaan dengan total buzz sebanyak 129.786 sepanjang 29 Oktober hingga 30 November 2018," ungkapnya.
 
Dari sisi ekonomi, Isentia juga mencatat ada peningkatan percakapan di media sosial terkait pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang mencapai Rp15.240 per dolar AS. Di sisi lain perkembangan financial technology juga menarik perhatian warganet. Hal ini berkaitan dengan sistem pembayaran yang bisa dilakukan dengan uang elektronik.
 
Beranjak dari beragam topik tersebut, Isentia menemukan bahwa platform Twitter masih menjadi kanal media sosial paling aktif untuk berdiskusi, membagikan berita, sampai dengan kampanye.
 
"Mengingat Pilpres 2019 sudah dekat masyarakat sebaiknya melakukan verifikasi sebelum membagikan informasi di media sosial agar tidak terpengaruh berita hoaks yang beredar," pungkasnya.
 

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif