8.110 Pengungsi Keluar dari Kota Palu
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho - Medcom.id/Damar Iradat.
Jakarta: Sebanyak 8.110 masyarakat Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah mengevakuasi diri ke luar kota. Mayoritas keluar ke Makassar dan Balikpapan. 

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, mereka mengevakuasi diri ke luar Kota Palu lewat jalur udara dan laut. Pemerintah memang menyediakan transportasi yang dapat digunakan para korban selamat yang ingin keluar dari wilayah terdampak bencana. 

"Evakuasi masyarakat yang keluar dari palu mencapai 8.110 melalui udara dan laut," kata Sutopo di Graha BNPB, Jakarta, Minggu, 7 Oktober 2018.


Ia memerinci, pengungsi yang keluar dari wilayah terdampak bencana melalui udara menggunakan Pesawat Hercules mencapai 6.157 orang. Mereka pergi Makassar (4.631 orang), Balikpapan (1.173 orang), Jakarta (182 orang), dan Manado (171 orang). 

Sementara, pengungsi yang keluar melalui jalur laut menggunakan kapal mencapai 1.913 orang. Mereka ke Makassar (1.858 orang) dan Balikapapan (55 orang).

(Baca juga: Ratusan Warga Korban Bencana Tiba di Surabaya)

Beberapa pengungsi juga ada yang keluar Kota Palu menggunakan kendaraan lewat jalur darat secara mandiri. Namun, Sutopo mengaku tidak bisa mendapatkan data akurat soal para pengungsi yang evakuasi mandiri.

Sutopo menjelaskan, mereka yang keluar diakibatkan karena trauma dan stres akibat bencana. Selain itu, kebutuhan para pengungsi juga belum mencukupi semua, sehingga mereka keluar dari Palu.

"Mereka warga yang memang ingin keluar untuk sementara dari Kota Palu menuju tempat tadi untuk menumpang ke kerabat atau saudara dan sanak famili," jelas Sutopo.

Sementara itu, sampai saat ini terdapat 62.539 korban yang mengungsi di 147 titik. Jumlah pengungsi berkurang dari hari sebelumnya lantaran beberapa ada yang sudah kembali ke rumah dan evakuasi ke luar kota. 

(Baca juga: Korban Bencana di Sulawesi Tengah jadi 1.763)





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id