Presiden Joko Widodo. ANT/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo. ANT/Hafidz Mubarak A

Jokowi Resmikan Gerakan Nasional Wakaf Uang

Nasional wakaf presiden jokowi
Nur Azizah • 25 Januari 2021 11:12
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Gerakan Nasional Wakaf Uang. Program itu bisa menjadi terobosan mengurangi ketimpangan sosial di pelosok Tanah Air.
 
"Jadi, satu langkah terobosan yang perlu kita pikirkan adalah pengembangan lembaga keuangan syariah yang dikelola berdasarkan sistem wakaf," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 25 Januari 2021.
 
Jokowi mengatakan potensi wakaf di Indonesia sangat besar. Mulai wakaf benda tidak bergerak, benda bergerak, maupun wakaf dalam bentuk uang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Potensi aset wakaf per tahun mencapai Rp2 ribu triliun, dan potensi wakaf uang bisa menembus angka Rp188 triliun," beber dia.
 
Potensi besar itu memerlukan perluasan cakupan pemanfaatan wakaf. Kepala Negara mengatakan wakaf tidak lagi terbatas untuk tujuan ibadah, tetapi bisa dikembangkan untuk sosial ekonomi.
 
(Baca: BI: Wakaf Bisa Jadi Instrumen Pembangunan Ekonomi Negara OKI)
 
"Ini bisa memberikan dampak signifikan bagi pengurangan kemiskinan dan ketimpangan sosial dalam masyarakat," kata dia.
 
Dia menuturkan peluncuran ini penting untuk meningkatkan kepedulian dan literasi masyarakat terhadap ekonomi dan keuangan syariah. Tak kalah penting, memperkuat rasa kepedulian dan solidaritas untuk mengatasi kemiskinan dan ketimpangan sosial di Indonesia.
 
Jokowi menuturkan sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, sudah saatnya memberikan contoh praktik pengelolaan wakaf. Yakni, transparan, profesional, kredibel, serta dipercaya.
 
"Dan dapat memberikan dampak produktif bagi kesejahteraan dan pemberdayaan ekonomi umat Islam, serta sekaligus memberikan upaya signifikan dalam menggerakan ekonomi nasional kita," jelas Jokowi.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif