Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas - Medcom.id/Rofahan.
Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas - Medcom.id/Rofahan.

Banser Diinstruksikan Jaga Asrama Papua

Nasional Kerusuhan Manokwari
Juven Martua Sitompul • 21 Agustus 2019 15:11
Jakarta: Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut), menginstruksikan jajarannya, terutama Banser, mendatangi asrama mahasiswa Papua di seluruh Indonesia. Banser diminta menjaga silaturahmi.
 
“Hari ini saya sudah perintahkan seluruh kader Banser untuk menjaga asrama-asrama mahasiswa Papua,” kata Gus Yaqut di Westin Hotel, Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu, 21 Agustus 2019.
 
Ia menyebut permintaan penjagaan asrama datang dari Gubernur Papua Lukas Enembe. Banser dipastikan siap membantu warga Papua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Makanya saya menginstruksikan kepada seluruh kader Banser silaturahmi ke asrama Papua untuk menjaga mereka,” tutur dia.
 
Gus Yaqut membeberkan Banser diajak sekelompok ormas mengepung asrama Papua sebelum kejadian di Surabaya, Jawa Timur. Banser menolak.
 
(Baca juga:Khofifah Bakal Adakan Pertukaran PNS Jatim-Papua)
 
Banser tak ingin terlibat hal-hal yang memecah persaudaraan. "Itu bukan jalan perjuangan kami," tegas dia.
 
Unjuk rasa menolak rasialisme di Kota Sorong pada 19 Agustus 2019 berujung ricuh. Sejumlah fasilitas umum seperti Kantor DPRD, Bandara Domine Eduard Osok, dan Lapas Kota Sorong rusak.
 
Aksi menolak rasialisme buntut dari kericuhan di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis, 15 Agustus 2019. Kerusuhan bergeser ke Surabaya pada Jumat, 16 Agustus dan Sabtu, 17 Agustus 2019. Ribut-ribut terjadi akibat isu perusakan tiang bendera merah putih di lingkungan asrama mahasiswa Papua.
 
Suasana semakin panas setelah sejumlah konten berisi dugaan penyerangan mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya tersebar via media sosial. Salah satu narasi video dianggap mendiskriminasi warga Papua di Tanah Jawa.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif