Sejumlah mobil melintasi terowongan (underpass) saat terjadi banjir di Jalan Angkasa, Jakarta Pusat, Kamis, 2 Januari 2020. Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Sejumlah mobil melintasi terowongan (underpass) saat terjadi banjir di Jalan Angkasa, Jakarta Pusat, Kamis, 2 Januari 2020. Foto: Antara/Sigid Kurniawan

6,4 Ton Garam Disemai Demi Halau Awan Mendung

Nasional banjir jakarta Jakarta Banjir
Cindy • 07 Januari 2020 11:22
Jakarta: Sebanyak 6,4 ton garam alias natrium klorida (NaCl) disebar di awan pada Senin, 6 Januari 2020. Langkah itu dilakukan dalam operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC).
 
"Guna mengalihkan potensi awan hujan sebelum hujan lebat masuk wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi)," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo di Jakarta, Selasa, 7 Januari 2020.
 
Menurut dia, TMC dijalankan bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). BPPT, kata dia, melaporkan penyemaian dilakukan berdasarkan data pertumbuhan awan yang didominasi faktor gerakan massa udara secara horizontal diawan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wilayah penyemaian dilakukan di wilayah barat daya, barat, dan barat laut Jabodetabek. BPPT menjalankan operasi TMC dengan menggunakan pesawat jenis CN295 dan CASA 212-200.
 
Agus menuturkan hujan berhasil diturunkan di perairan barat laut dan barat daya Jabodetabek pada sore harinya. Hingga kini, bahan semai jenis garam yang digunakan telah mencapai 25,6 ton.
 
Berdasarkan data BNPB hingga Senin, 6 Januari 2020, sebanyak 67 korban meninggal akibat banjir dan longsor di Jabodetabek. Satu orang dinyatakan hilang.
 
BNPB mengimbau masyarakat selalu siap siaga menghadapi potensi bahaya dari cuaca ekstrem sepekan ini. Ancaman banjir bandang, longsor, angin kencang, dan angin puting beliung, perlu diperhatikan serius.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif