Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.
Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.

Jokowi Instruksikan PT Pelindo Cari Partner Bisnis Internasional

Nasional Jokowi logistik pelindo Pelabuhan IPC Pelindo Merger Pelindo
Kautsar Widya Prabowo • 14 Oktober 2021 13:38
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) merestui merger PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I-IV. Ia meminta PT Pelindo segera mencari pasangan bisnis yang memiliki jaringan internasional. 
 
"Sehingga nanti terkoneksi dengan negara-negara lain dengan baik," ujar Jokowi dalam konferensi pers secara virtual, Kamis, 14 Oktober 2021. 
 
Jokowi menyebut pasangan bisnis yang tepat bakal memudahkan PT Pelindo. Khususnya, untuk masuk ke dalam rantai pasokan dunia atau supply chain global.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Artinya apa produk-produk kita barang-barang kita bisa menjelajah ke mana-mana," kata Jokowi. 
 
Baca: Jokowi Berharap Penggabungan Pelindo Tekan Biaya Logistik
 
Selain itu, Jokowi meyakini merger PT Pelindo dapat menekan biaya logistik Indonesia yang terbilang tinggi dari negara-negara tetangga. Saat ini, biaya logitistik di Indonesia mencapai 23 persen dari produk domestik bruto (PDB), sementara negara-negara lain hanya 12 persen.
 
"Sekali lagi biaya logistik kita bisa bersaing dengan negara-negara lain, artinya daya saing kita competitiveness kita akan menjadi lebih baik," kata Jokowi. 
 
Kepala Negara berharap perusahan-perusahan lain dapat mengikuti merger PT Pelindo. Hal ini diyakini akan memperkuat pemodalan. 
 
"Jangan sampai kecil-kecil bertebaran, sehingga kekuatannya menjadi minim, baik dari sisi keuangan modal. Kalau bergabung seperti ini kekuatannya akan menjadi gede," kata Jokowi.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif