NEWSTICKER
Kepala BNPB Letjen Doni Monardo/Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Kepala BNPB Letjen Doni Monardo/Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Indonesia Beli Alat Rapid Test dari Tiga Negara

Nasional Virus Korona
Nur Azizah • 19 Maret 2020 15:52
Jakarta: Pemerintah bakal membeli alat rapid test korona dari Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan. Ini untuk mempercepat tes massal covid-19.
 
"Sementara alat rapid test ini belum tersedia di tanah air. Sehingga kita harus mendatangkan dari beberapa negara," kata Kepala Gugus Tugas Covid-19 Doni Monardo di Jakarta Timur, Kamis, 19 Maret 2020.
 
Baca:Plus Minus Uji Virus Korona Metode Rapid Test

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Indonesia memilih tiga negara. Alasannya, negara-negara itu memiliki pengalaman melakukan tes massal virus korona.
 
"Mungkin nanti akan meminta izin kepada Bea Cukai, Kementerian Perdagangan, dan juga BPOM, untuk mempermudah akses (masuk alat tersebut)" ungkap Doni.
 
Nantinya, tes diprioritaskan untuk mereka yang pernah kontak langsung dengan pasien korona. Prioritas kedua yakni warga dengan riwayat perjalanan ke luar negeri.
 
"Tentunya ini menjadi prioritas utama. Kalau seluruh masyarakat harus mendapat rapid test ini, mungkin akan sangat sulit. Karena akan sangat banyak, penduduk kita jumlahnya 270 juta jiwa," ungkap dia.
 
Gugus Tugas Covid-19 bakal berkoordinasi dengan tim deteksi korona yang terdiri atas TNI, Polri, dan BIN. Nantinya, mereka akan memberikan masukan siapa saja yang wajib melakukan rapid test.
 
Metode itu melihat kondisi imunoglobulin pada darah seseorang. Keuntungannya, metode rapid test tidak membutuhkan sarana pemeriksaan laboratorium pada bio security level 2.

 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif